NTB PROV

Wujudkan Pemerintahan yang Terbuka, Pemprov NTB dan KSB adakan Uji Publik Rencana Aksi OGP Lokal

NTB PROV

Open Government Partnership (OGP) menyatukan pemerintah, warga negara, organisasi masyarakat sipil, akademisi, dan sektor swasta untuk mempromosikan tata kelola yang lebih transparan, akuntabel, responsif, dan inklusif. OGP mencapai visi ini dengan mengakui peran kunci yang dimainkan pemerintah daerah dengan menjadi lebih dekat dengan masyarakat, memberikan layanan penting yang membutuhkan pemerintah daerah yang efektif dan responsif.  

Menghadiri acara Uji Publik Rencana Aksi OGP Local NTB, Mataram, Rabu (28/7/2021), Wakil Gubernur NTB Ibu Hj. Dr. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd. (Ummi Rohmi)  menyampaikan agar Pemprov NTB dan Pemkab Sumbawa Barat memanfaatkan kesempatan menjadi bagian dari anggota OGP ini. beliau juga tak hentinya kembali mengingatkan untuk memperketat protocol kesehatan ditengah pandemi Covid -19 yang dimana kasusnya semankin meningkat tiap harinya.

"Saya berharap Uji Publik Rencana Aksi OGP Local NTB ini betul-betul efektif, bisa meningkatkan seluruh program yang ada ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saya berharap terlibatnya kita dalam OGP ini membawa berkah dan hikmah bagi Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa Barat " pungkasnya.

 

Acara tersebut dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Kominfotik NTB bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat  dengan turut mengundang beberapa Kepala OPD Pemprov NTB, para aktivis, akademisi, tim media, dan tim Open Government Indonesia (OGI).

Acara Uji Publik Rencana Aksi OGP Local bertujuan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat luas terkait komitmen program yang mendukung nilai-nilai pemerintahan yang terbuka. Dalam rancangan rencana aksi OGP local yang telah disusun pemerintah provinsi NTB memunculkan program unggulan NTB Care, NTB Satu Data dan Revitalisasi Posyandu, sedangkan dari KSB menampilkan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM. menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi NTB menjadi satu-satunya Pemprov yang masuk menjadi anggota OGP, bersama dengan empat kabupaten/kota se indonesia yakni Kota Semarang, Kabupaten Banggai, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Sumbawa Barat. 

Semakin jelas bahwa kolaborasi, transparansi, dan partisipasi warga merupakan pilar fundamental bagi setiap pemerintahan yang modern, responsif, dan gesit.

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB KADARING SIBI (Kamus dalam Jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373