NTB PROV

Roadshow Industrialisasi di Sumbawa, Gubernur NTB : Kita Harus Punya Keberanian Mulai Mengolah Bahan Mentah

NTB PROV

Dalam roadshow industrialiasasi di Kabupaten Sumbawa, Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah mengajak Pemerintah Daerah untuk mengelola bahan mentah atau bahan baku dari sumber daya alam yang tersedia. Sehingga memiliki nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus punya keberanian untuk mengolah sumber daya alam kita, seperti hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan potensi alam lainnya,"kata Bang Zul, panggilan populer Gubernur NTB, saat 
menghadiri dan menjadi narasumber pada kegiatan Roadshow Tematik dengan tema "Inovasi Halal dan
 Baik dalam Mendukung Percepatan Pembentukan Ekosistem Industri Halal, Jum'at (5/8/2022) di kantor Bupati Sumbawa.

Didepan Guru Besar Unibraw Malang dan Kementerian Perindustrian, Gubernur NTB mengatakan bahwa kalau tidak dimulai, akan hanya sekedar retorika tanpa ada hasil apapun.  Oleh karena itu industrialisasi ini merupakan kebutuhan.

"Sampai sekarang, pabrik pengolahan ikan yang mangkrak di teluk Santong, tidak kita selesaikan. Padahal itu konsep Industrialiaasi paling nyata, pada sektor pengolahan ikan,"sebut Doktor Zul didampingi Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Kalau dikelola dengan baik, maka akan memantik industrialisasi turunan disekitarnya. Masyarakat juga akan merasakan manfaat demi mewujudkan kesejahteraannya.

Lebih lanjut jelas Gubernur, adanya perusaan besar seperti PT. Aman Mineral menjadi core industrinya. Oleh sebab itu, harus segera digesa untuk membicarakan kerjasama dalam penguatan industri UMKM. 

Sehingga,  Pemda sudah mulai memikirkan untuk upgrading kapacity SDM di daerah. Menyiapkan tenaga kerja baik yang akan terlibat langsung maupun yang memperoleh penguatan seperti pelaku usaha 

"Perusahasn besar juga bukan hanya sekedar cari uang tapi membangun relasi yang konstruksi dengan lingkungan itu jauh lebih penting,"terangnya didepan pimpinan PT. AMAN.

 Sementara itu, Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, menyampaikan apresiasi atas sinergi dan kolaborasi Pemprov. NTB untuk ikut membangun daerah.

"Terutama mensukseskan program industrialisasi. Mengolah bahan mentah agar memiliki nilai tambah,"ucapnya.

Turut mendampingi Gubernur, Kadis Perindustrian, Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Koperasi UKM, Kadis Pertanian, Kadis LHK, Kadis Pariwisata, Kadis Peternakan, Kadis Dikbud, Kadis Kesehatan, Kadis PMPD, Kadis Kominfo dan Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB. Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa, Kapolres, Dandim, Kejari, kepala OPD se Sumbawa, pimpinan PT. Aman Mineral, Tokoh Agama, masyarakat dan pelaku UMKM se Kabupaten Sumbawa.  (edy/nia/opic/diskominfotikntb)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB KADARING SIBI (Kamus dalam Jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373