NTB PROV

Gubernur NTB : Media Arus Utama harus Visioner

NTB PROV

Mataram - - Sebagai agen kehumasan, media arus utama di NTB diharapkan tetap edukatif dan informatif namun harus visioner. Khususnya, di era digital dan media sosial, media arus utama ditantang dapat menganalisis kebutuhan masyarakat NTB dalam pembangunan dalam hal promosi daerah.

"Konkritnya, apa yang bisa diberikan oleh media dalam pembangunan sebagai agen 'public relation' sehingga dapat memberikan imbal balik yang baik bagi masyarakat", ujar Gubernur, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menerima silaturahim manajemen iNews TV di ruang kerjanya, Kamis (24/09).

Dikatakan Gubernur, media harus memiliki gambaran tentang NTB dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Identifikasi tentang kebutuhan masyarakat NTB harus dikomunikasikan dengan masyarakat dan stakeholders lainnya, semisal investasi. Hal ini mendorong tersedianya informasi tentang NTB bagi dunia luar untuk bekerjasama. Begitupula dengan pariwisata, seperti promosi Rinjani Geopark, Tiga Gili dan kawasan Mandalika yang pada tahun depan segera menggelar MotoGP. Bang Zul mencontohkan Kompas yang selama ini berhasil membranding Tambora Geopark dalam program bertajuk Tambora Challenge dengan konsep extreme sport tingkat dunia.

Di sisi lain, era sosmed dan media digital yang dapat menyebarluaskan informasi langsung kepada dunia baik oleh individu seperti kepala daerah maupun institusi membuat konsep kerjasama harus dapat memberikan feedback yang lebih besar jika dikelola oleh media mainstream.

"Era smartphone dan algoritma digital membuat informasi sangat terbuka. Saya berharap kerjasama kehumasan dengan media mainstream juga harus dapat memberikan prediksi tentang perkembangan NTB di masa depan", jelas Doktor Ekonomi Industri tersebut. 

Sementara itu, Djaka Susila, Pimpinan redaksi SindoNews mengatakan, MNC Media sebagai media terintegrasi menawarkan sinergi dalam hal penyebarluasan informasi. Selain empat televisi dan satu media cetak, pihaknya memperkenalkan integrated news portal untuk menjawab era digital dan media sosial. Mengenai kebijakan redaksi, MNC yang menguasai 40 persen pasar media nomor dua dibawah TVOne memberikan ruang terbuka bagi daerah dalam membangun relasi komunikasi dengan dunia. Tahun ini, INews TV sebagai bagian dari MNC meluncurkan portal khusus berisikan informasi tentang NTB.

Adapun mengenai konsep, pihaknya siap mendukung perhelatan MotoGP maupun promosi pariwisata dalam slot pemberitaan maupun program informasi lainnya. Sebagai televisi berita, Jaka juga mengklaim promosi melalui portal INews dengan menggunakan live streaming dapat menjangkau 50 juta viewer.

"Kami janjikan konsep tayangan dan konten informasi yang berbeda untuk NTB", ujar Jaka.

Hadir pula mendampingi Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, Kadis Kominfotik Gede Putu Aryadi, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB Najamuddin Amy.  Manajemen INews TV didampingi pula oleh kepala jaringan INews TV NTB, H Samiarto.(jm/fjr/diskominfotikntb).


NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373