NTB PROV

Bangkitkan Kearifan Lokal, Gubernur Dukung Even Budaya “Pekenan Dayan Gunung”

NTB PROV

Mataram -- Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut baik gelar “Pekenan Dayan Gunung” atau Pasaran Dayan Gunung (sebutan dari Kabupaten Lombok Utara) yang rencananya akan digelar Sabtu hingga Minggu (12-13/12) mendatang di Lapangan Umum Tanjung Ibukotya Kabupaten Lombok Utara. 

“Sepenuhnya kita mendukung kegiatan-kegiatan aktualisasi budaya masyarakat lokal yang diharapkan menjadi momentum yang tepat bagi bangkitnya pariwisata NTB di tengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Setidaknya even ini bisa menggairahkan pariwisata  Kembali, meski hanya wisatawan lokal yang menjadi sasaran event ini,” tandas Gubernur didampingi Kadis Perhubungan NTB Drs. HL. Bayu Windia, M.Si saat menerima audiensi Ketua Asosiasi Gili Hotel Lombok Utara sekaligus Ketua Panitia Even Pekenan Dayan Gunung L Kusnawan di ruang kerja Gubernur, Selasa (8/12).

Gubernur pada kesempatan tersebut mengungkapkan terima kasihnya kepada panitia event yang meminta kesediaan dirinya bersama seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov NTB untuk kemungkinan bisa hadir pada gelaran ini. Hanya saja Gubernur menyampaikan permohonan maafnya tak bisa hadir pada saatnya, mengingat gaung pasca Pilkada masih berlangsung. 

“Mohon maaf kami tidak bisa hadir mengingat momentum pelaksanaannya begitu mepet dengan pasca Pilkada. Karena pasca Pilkada kami harus turun ke daerah-daerah untuk memantau keamanan pasca Pilkada. Namun demikian kami siap mensupport kegiatan yang sangat positif ini terlebih untuk kemajuan pariwisata daerah kita,” kata Gubernur.

Sebelumnya Ketua Panitia even Pekenan Dayan Gunung, L Kusnawan didampingi timnya Sang Ktut Sumi Adyana dihadapan Gubernur melaporkan, berangkat dari keperihatinan pariwisata yang saat ini begitu terdampak akibat pandemi Covid-19 tidak sedikit para pelaku atau owner hotel di tiga gili KLU banyak yang menghentikan aktivitasnya sementara karena dampak yang begitu terasa dari Covid-19 ini.

“Meski demikian kami tidak ingin berlarut-larut dalam keperihatinan seperti ini. Karenanya kami ingin membangkitkan kearifan lokal masyarakat  Dayang Gunung berupa Pekenan Dayan Gunung atau pasaran Dayan Gunung dengan melibatkan para pelaku UKM di Lombok Utara ataupun pelaku kuliner khas Lombok Utara untuk ditampilkan pada even tersebut. Dengan demikian potensi sumberdaya lokal masyarakat akan bisa terangkat dan dihargai oleh masyarakatnya sendiri. Jadi kita ingin masyarakat lokal menghargai dan memberdayakan produk lokalnya sendiri,” tukas Kusnawan. (ikp@Kominfotik)


NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373