NTB PROV

Peringatan HKG Tingkat Kabupaten Dompu, Ketua TP. PKK Prov. NTB : Program Harus Selaras dengan Pemerintah

NTB PROV

Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widiyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., mengingatkan agar TP. PKK harus mampu menyelaraskan program-programnya  dengan kebijakan pemerintah melalui program kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah.

Hal tersebut disampaikan Bunda Niken sapaan akrab istri Gubernur NTB, pada Road Show kunjungan kerja TP. PKK Provinsi NTB, yang dirangkai dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (HKG) tingkat Kabupaten Dompu, Rabu (25/5/2022) di aula Pendopo Bupati Dompu. 

“Sinergitas dan kemitraan program antara PKK dan OPD termasuk instansi lainnya merupakan perwujudan akar budaya kita,”katanya di depan Bupati Dompu, Ketua TP. PKK Dompu Hj. Llis Suryani dan ketua GOW Dompu  Faridah H. Syahrul Parsan.

Disampaikan Bunda Niken, bahwa TP. PKK Provinsi NTB telah melakukan rapat klinis sinergitas dengan OPD Provinsi NTB pada bulan Februari 2022 yang lalu.  Ia berharap TP. PKK di Dompu juga bisa melaksanakan hal sama untuk menyamakan program.

Sehingga, dalam upaya mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan masyarakat, dapat teratasi dengan program- program yang bersifat strategis dan prioritas. 

“Seperti pembinaan karakter, pendidikan dan peningkatan ekonomi, penguatan ketahanan,  kesehatan keluarga dan lingkungan,”papar alumni UI ini.

Selain itu, Bunda Niken menyampaiakan apresiasi atas kegiatan HKG PKK ke-50 tingkat kabupaten Dompu, yang merupakan tidaklanjuti peringatan HKG PKK tingkat provinsi NTB telah dilaksanakan pada tanggal 24 maret 2022 yang lalu di mataram.

Gerakan PKK di indonesia telah dilaksanakan selama 50 tahun dan pada diperingati hari kesatuan gerak (HKG)  PKK  ke-50 ini sebagai tahun emas gerakan PKK dengan tema “limapuluh tahun gerakan PKK : berbhakti untuk bangsa berbagi untuk sesama”.

Tema tersebut harus melekat dalam hati sanubari jajaran pengurus TP. PKKdan seluruh kader PKK serta menjadi tekad kita bersama dalam pengabdian kita mengelola gerakan PKK secara berjenjang menuju NTB gemilang.

Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani menyampaikan bahwa sebagai mitra pemerintah, TP. PKK harus mampu berperan aktif dalam menuntaskan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks.

“Apalagi kita masih dihadapkan pada isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi covid 19, kerusakan lingkungan serta isu lainnya,” kata Bupati.

Untuk itu, program OPD dan PKK harus bersinergi dengan prioritas menuntaskan berbagai persoalan tadi, baik itu program daerah dan nasional.

Lebih lanjut, dikatakan Bupati bahwa roadshow kunjungan kerja TP. PKK Provinsi , selain  harus selektif, efisien, efektif,  namun mampu menyentuh dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Saya harap, program dan kegiatan PKK Provinsi maupun Kabupaten Dompu dapat diselaraskan dengan visi misi pembangunan kabupaten dompu,  pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera,” ujar Kader Jaelani

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Dompu Hj. Llis Suryani Kader Jaelani mengatakan bahwa rasa bangga dan apresiasi kepada ketua TP. PKK Provinsi NTB yang memilih Kabupaten Dompu sebagai tempat untuk puncak peringatan HKG ke-50.

“Terimakasih telah menyambangi dan membersamai kami Ibu ketua TP. PKK Provinsi NTB,” kata istri Bupati Dompu, dihadapan pimpinan DPRD, Kepala OPD dan anggota TP. PKK se Kabupaten Dompu.

Kunjungan ini menjadi peyemangat dan moifasi bagi TP. PKK se Kabupaten Dompu, untuk terus lebih optimal mensukseskan program PKK dan membantu program serta visi misi pemerintah daerah. 

Dipenghujung acara  dilakukan pemberian penghargaan kepada TP. PKK kabupaten dompu yang telah melaksanakan sosialisasi secara aktif melalui kegiatan bakti sosial HKG PKK ke 50, membagikan paket sembako kepada pasukan kebersihan kota, lansia dan ibu hamil. 

Sebelum peringatan HKG, dihalaman aula pendopo Bupati Dompu, ketua TP. PKK Provini NTB juga meninjau stand pelayanan KB gratis, display diversifikasi pangan lokal, dan stand UP2K PKK di halaman Kantor Bupati Dompu. (edy/opic/diskominfotikntb)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB KADARING SIBI (Kamus dalam Jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373