NTB PROV

Pasar Tradisional Online Siap Melayani Masyarakat

NTB PROV

Mulai hari ini masyarakat NTB dapat menggunakan layanan Pasar Tradisional Online besutan Dinas Perdagangan NTB. Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19. Kepala Dinas Perdagangan, Drs H Fathurrahman, M Si berharap masyarakat juga dapat memanfaatkan pasar murah di halaman kantor Disdag NTB yang digelar sampai dengan 15 Mei bagi yang ingin mendapatkan bahan pokok dibawah harga pasar. 

“Pasar Tradisional Online ini tujuannya agar kerumunan di pasar tradisional menjadi tidak terlalu banyak seperti di Mataram, Lobar dan KLU. Masyarakat bisa memesan kebutuhan pokok melalui nomor telepon 087755119333 atau lewat SMS, WA atau Telegram. Kurir siap mengantar sampai ke alamat dengan layanan one day service”, jelas Fathurrahman di Mataram, Rabu (15/04).

Fathurrahman menambahkan, layanan ini dapat juga dimanfaatkan oleh para pedagang di pasar tradisional dan distributor bahan pokok dalam menjual produk mengingat situasi saat ini yang mengharuskan penjarakan sosial menyebabkan pergerakan pedagang di pasar terganggu. Dengan pasar tradisional online ini menjadi alternative agar eksistensi pedagang tidak ikut hilang. Fasilitas ini tersedia di pasar pasar yang sudah ditunjuk. Bekerjasama dengan perusahaan kurir swasta yang siap siaga di pasar yang ditunjuk, masyarakat yang menghubungi nomor layanan diatas dapat memesan kebutuhan dan langsung diantarkan. Di Mataram, fasilitas ini tersedia di Pasar Kebon Roek, Pagesangan dan Mandalika. Lobar di pasar Narmada, Gunungsari dan Gerung. Loteng di pasar Renteng dan Karang Bulayak sedangkan di KLU di pasar Tanjung.

Sedangkan Pasar Murah dan Drive Thru yang digelar di halaman kantor Dinas Perdagangan menyediakan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, mie instan dan bumbu dapur seperti cabe dan bawang merah. Beberapa item seperti gula pasir dibatasi pembeliannya hanya dua kilogram per orang agar ketersediaannya di gerai tidak cepat habis. Gula pasir dijual dengan harga 12 ribu rupiah per kilogram. Tepung terigu seharga 8 ribu rupiah sedangkan bumbu seperti cabe merah dijual 8 ribu rupiah per kilogram. Ada pula minuman ringan dan sabun cuci yang dijual di bawah harga pasar.

Kadis juga menjamin ketersediaan pangan bahan pokok strategis dan pengendalian harga dengan melakukan pasar murah sembako baik online maupun yang digelar di halaman kantor Dinas Perdagangan. Saat ini pasar tradisional online baru melayani area Mataram dan untuk pengembangan masih menunggu kesiapan kurir dan distributor yang siap menyediakan item produk. Pihaknya juga mengajak Dinas Perdagangan kabupaten/ kota untuk melakukan hal yang sama agar akses bahan pangan makin dekat dengan masyarakat untuk harga yang tetap terkendali setelah ditambahkan ongkos kurir. Saat ini baru 40 kurir dengan sepuluh kurir yang disiagakan di setiap kabupaten/ kota.

“Untuk kesiapan bahan pokok strategis, NTB siap. Misalnya stok beras yang tersedia sampai enam belas bulan ke depan begitupula dengan bahan pokok lain seperti gula. Harga juga tetap dikendalikan agar dari distributor, agen sampai ke pedagang, harganya tetap terjangkau bagi masyarakat sesuai himbauan dan kesepakatan pemerintah dengan distributor”, ujar Kadis Fahurrahman. Layanan ini akan terus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan nyaman dan mendapatkan harga yang sesuai dengan harga pasar. (jm)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB KADARING SIBI (Kamus dalam Jaringan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373