NTB PROV

NTB Provinsi Sangat Inovatif, Wagub Paparkan Keunggulan di IGA 2021

NTB PROV

Mataram - - Provinsi NTB menjadi salah satu dari 39 pemerintah daerah (Pemda) yang masuk Nominator Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni 7 Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal. 

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan bahwa berbagai inovasi yang lahir dari pemerintah dinilai telah mampu mengangkat dan memberikan berbagai kemudahan dalam aktifitas serta pelayanan kepada masyarakat.

"Dalam mendorong  dan menciptakan tumbuh kembangnya inovasi dilingkungan pemerintah dan masyarakat, Pemprov NTB juga terus membangun komunikasi dengan Kabupaten/kota dan berbagai pihak,”jelas Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB saat penilaian penerima Penghargaan IGA secara virtual, Selasa (23/11/2021) di Pendopo Wakil Gubernur.

Lebih jauh dijelaskannya, ada berbagai inovasi dan terobosan dalam pelayanan publik, contoh aplikasi NTB Care sebagai kanal pengaduan berbasis aplikasi dan Media sosial. Inovasi tersebut sukses memangkas jarak antara pemerintah dan masyarakat.

“Jadi komunikasi dan koordinasi  Button Up and Button Down terbangun dengan baik, masyarakat sangat kontributif dengan berbagai aplikasi yang ada di NTB” terang alumni ITS Surabaya tersebut. 

Bahkan Wagub menyampaikan bahwa saat ini semua kepala perangkat daerah di jajarannya telah dan wajib memiliki akun media sosial untuk merespon berbagai masukan dan keluhan masyarakat. 

Begitupun misalnya aplikasi Sistem Informasi Desa (SID), yang memudahkan pelayanan administrasi dikantor desa. Mulai dari mengurus surat-surat dan administrasi dengan cepat dan gratis.

“Tanpa menunggu hari atau minggu, surat-surat untuk kebutuhan masyarakat dapat langsung diperoleh jam itu juga,” tutupnya.

Senada dengan Wagub NTB, Kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos,. MM., menyampaikan bahwa di NTB sendiri telah diusulkan sebanyak 62 inovasi kepada panitia pusat. 

"Bahkan NTB dapat bertengger di urutan kedua dari 34 Provinsi se-Indonesia,"terang Doktor Najm.

Pada Kesempatan tersebut, turut mendampingi Wagub, Kepala Bappeda, Dr. Ir. H.Iswandi,M.Si, MM dan Kepala Bappeda Provinsi NTB Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si. (diskominfotik)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373