NTB PROV

MXGP Sumbawa Dan Puluhan Miliar Cuan Mengalir ke Tangan Masyarakat Sumbawa Dalam 5 Hari Ini

NTB PROV

Euforia MXGP Samota membuat kota Sumbawa yang adem menjadi ramai dengan hiruk pikuk para tamu yang hadir menonton Motor cross dunia atau yang disebut MXGP (Motor Cross Grand Prix) di Rocket Sirkuit Samota - Sumbawa. Saya sendiri telah berada di Sumbawa sejak 17 Juni yang lalu.

Saya tidak tahu berapa banyak uang yang berputar ditengah masyarakat Sumbawa dari para penonton kegiatan dunia ini. Bayangkan saja ada 10.000 orang dari luar Sumbawa yang hadir sejak Jumat kemarin. Mereka tentu tidak bawa perkakas dapur. Mereka tentu makan minum di Sumbawa. Katakanlah mereka makan 2 kali dalam sehari (siang & malam), menghabiskan Rp 50.000 per sekali makan. Setidaknya ada sekitar Rp 500 juta dikali 2 dalam sehari, selama 3 hari. Bagaimana jika itu jumlahnya 20.000 orang luar Sumbawa. Sementara menurut Komandan Lapangan MXGP Samota 2022, Ir Ridwan Syah, bahwa per Rabu 22 Juni, 30.000 lebih tiket sudah laku terjual.

Belum lagi makanan ringan atau softdrink dan hot drink lainnya seperti kopi, teh, jus dan sejenisnya. Juga penginapan-penginapan yang ada maupun rumah warga yang ditawarkan kepada para tamu. Sementara saya sendiri, menginap di Kos-kosan yang harganya dikali perbulan, padhal hanya menginap 2 minggu.

UMKM yang produksi kaos pun meraup untung. Jangan ditanya warung Lalapan yang jual malam hari. Saya makan malam dibeberapa warung lalapan di kota Sumbawa, semuanya berharap acara seprti ini (baca: MXGP) diadakan per 3 bulan sekali, maka roda ekonomi pelaku UMKM di Sumbawa akan terus berkembang.

Setiap malam saya sempatkan singgah di Kedai Simpang bingung - Sumbawa. Pojok kiri ada namanya Basecam - ada 6 lokal penjualan makan minum, hot drink dan soft drink. Tiap malam live musik. Meja kursi yang disiapkan untuk 150 orang, tak pernah kosong mulai jam 8 malam hingga 12 malam. Penjual yang semuanya anak-anak muda katanya kewalahan melayani tamu sejak rabu malam hingga minggu malam kemarin. Untung usaha jangan ditanya, stock selalu habis.

Demikian pula di Taman Mangga - Sumbawa, hiruk pikuk keramaian sudah mulai sejak selasa malam. Karena arealnya sejuk, sejak pagi jam 9 hingga malam jam 12, tak pernah sepi pengunjung. Apalagi Festival UMKM MXGP Samota disiapkan di Lokasi ini. Saya melihat geliat yang luar biasa... Perputaran uang di Sumbawa yang 'bukan kaleng-kaleng'

Miliaran Rupiah cuan tersedot ke Sumbawa sejak 20 hingga 27 Juni 2022. Pesawat yang landing reguler hanya 2, tapi karena MXGP menjadi 6 pesawat, karena 4 diantaranya adalah 'Slot ekstra flight' dengan status Carteran. Dan pada 27 Juni sore, Pesawat Boeing berbadan lebar, NAM Air, Finnaly First landding at sumbawa, status Carteran pula - GM NAM Air Bima M Zainuddin Ramdhani pun sibuk menyiapkan approve.

"Daerah kita memang kecil, tapi nyali kita besar untuk mewujudkan mimpi" ( Gub NTB: Bang Zul Zulkieflimansyah) - Gubernur Otomotif Indonesia. Sebab, per 2023 hingga 2030, kejuaraan Dunia MotoGP, Word Super Bike (WSBK), Word Supercar, Idemitsu Asia Talent cup dan Motor Cross Grand Prix (MXGP) akan dilaksanakan secara kontinyu di NTB.

==========
27/6/22 (FB Rangga Babuju)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373