NTB PROV

Launching Produk Jeger, Ummi Rohmi: NTB Kaya Energi Hijau

NTB PROV

Mataram--Wakil Gubernur Provinsi NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menyatakan bahwa Provinsi NTB sangat kaya akan sumber daya untuk membangun energi hijau. 

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri acara Launching Kerupuk Singkong dan Kelompok Usaha Wanita Jeger Buana Lombok (JBL) di Kantor Lurah Geres, Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (23/12).

"NTB itu kaya dengan sumber daya untuk membangun energi hijau dan energi terbarukan. Panas matahari, angin, air terjun serta arus bawah laut," ungkap Ummi Rohmi sapaan akrbanya. 

Energi Hijau merupakan energi yang berasal dari tanaman hidup (biomassa) yang terdapat di sekitar kita. Oleh karenanya, dalam hal ini, Kelompok Usaha Wanita Jajan Geres (Jeger) Buana Lombok (JBL) bekerjasama dengan PT. Vena Energy, PLTS Lombok Timur serta Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (Fatepa) Universitas Mataram untuk mengolah tanaman Singkong sebagai alternatif dari energi hijau. 

Kerjasama yang apik antara para stakeholders yang turut didukung oleh pemerintah daerah semata-mata bertujuan untuk memberdayakan UMKM di NTB agar dapat lebih baik kedepannya. 

Ummi Rohmi berharap dengan adanya kerjasama tersebut, dapat mewujudkan Renewable Energy untuk mendatangkan para investor ke NTB. 

"Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan kesanggupan kita untuk renewable serta menggaet para investor," tutupnya. 

Sebagai informasi, sebelum adanya kerjasama tersebut, sanitasi produk Jeger sangatlah kurang, tidak terjamin kehigienisannya, serta proses produksinya yang tidak memenuhi standar. 

Seperti yang diungkapkan Dekan Fatepa Unram, Baiq Rien Handayani saat melakukan audiensi ke Wakil Gubernur NTB beberapa waktu lalu. 

"Kelompok usaha Jeger di kelurahan Geres, Labuhan Haji Lombok Timur semula sanitasinya sangat kurang, lingkungan proses pengolahan yang sangat tidak terjamin sanitasinya bersih, proses produksinya tidak standar. Sehingga nantinya diharapkan bisa lebih baik dari sebelumnya untuk kemajuan UMKM", jelasnya.  

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Direktur PT. Vena Energy, Adi Nataatmaja dan Wakil Rektor IV Universitas Mataram, Yusron Saadi ST., M.Sc., PhD. (diskominfotikntb)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373