NTB PROV

Hadiri Halal bihalal dan Pelepasan CJH Lingkup Dikbud Lotim, Gubernur NTB : Kepala Sekolah Harus Jadi Figur Teladan

NTB PROV

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., berpesan agar kepala sekolah harus mampu menjadi figur yang menghadirkan ketauladanan sehingga dicintai oleh guru dan bawahannya.

Pesan tersebut disampaikan Bang Zul, sapaan Gubernur NTB, didepan  Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmi, pada acara halal bi halal yang dirangkai dengan pelepasan calon jamaah Haji dilingkungan keluarga besar Dikbud Lombok Timur, Jum'at (10/6/2022) di halaman Kantor Cabang Dinas Dikbud Lotim.

"Kepala sekolah di Lombok Timur, harus dapat menjadi sosok atau figur yang mampu mengayomi bawahannya, sehingga dicintai oleh bawahannya atau muridnya,"kata Gubernur Bang Zul.

Lebih jauh dijelaskan Doktor Ekonomi Industri tersebut, bahwa indikator utama seorang kepala sekolah maupun seorang guru, bukan karena prestasi dan berbagai penghargaan dari daerah hingga pusat. 

Selain itu, pria yang menamatkan pendidikan diberbagai kampus ternama dibeberapa negara ini, mengajak jajaran Dikbud NTB untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Lombok Timur.

Ditegaskan Doktor Zul, bahwa Dikbud NTB tidak hanya mengurus SMA/SMK sederajat, namun, tanggung jawabnya mengurus seluruh tingkat pendidikan dari SD hingga SMA.

"Tidak boleh ada dikotomi, untuk membedakan wewenang tugas Kabupaten/Kota atau Kemenag, karena pemdidikan  tidak akan maju kalau ada pengkotakan seperti itu,"ujar pria kelahiran Sumbawa ini.

Oleh sebab itu, jajaran Dikbud mulai dari Kadis, KCD, hingga kepala sekolah harus membangun sinergi dan koordinasi dengan Kemenag dan Kabupaten/Kota untuk memajukan dunia pendidikan di Lombok Timur dan seluruh NTB.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmi mengingatkan jajaran Dikbud yang akan melaksanakan ibadah haji untuk tetap membawa semangat beribadah haji, saat kembali ketengah masyarakat.

"Kebiasaan rajin kemasjid, rajin bersedakan dan berdo'a, maka kembalinya ke tanah air, harus melakukan hal yang sama,"kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar untuk terus menjaga tali silaturahmi dan saling memaafkan diantar sesama. 

"Senantiasa mengikuti  perintah Allah SWT dan ajaran Rasul Nabi Muhammad SAW,"pesan Bupati.

Kadis Dikbud Provinsi NTB, Dr. H.  Aidy Furqon juga   menyampaikan selamat kepada keluarga besar jajaran Dikbud Lotim yang akan menunaikan ibadah haji.

Menurut Kadis, bahwa tugas berat  Dikbud kedepan adalah meningkatkan Indek Pembangunan Manusia di wilayah NTB.

"Salahsatu cara untuk meningkatkan IPM adalah mulai dari kelas atau sekolah,"kata Aidy Furqon.

Untuk itu, melalui kurikulum merdeka belajar yang digagas Kemendikbud RI, ada 3 hal yang harus dituntaskan oleh jajaran pendidikan.

Diantaranya, angka droup out atau kelulusan siswa, kedua angka putus sekolah , dan ketiga anak tidak sekolah.

"Maka persoalan ini harus dapat diatasi dan dicarikan jalan keluarnya, untuk meningkatkan kualitad pendidikan dan IPM di NTB,"tutup Kadis Dikbud.

Pada hari yang sama, kegiatan serupa juga digelar jajaran Dikbud NTB dengan KCD Dikbud Lombok Barat dan Mataram, di Islamic Center Kota Mataram.

Turut hadir pada kegiatan di KCD Dikbud Lombok Timur,  Karo Kesra Setda Provinsi NTB, Forkopimda Lombok Timur, pengawas, para kepala sekolah dan guru lingkup KCD Dikbud Lombok Timur. (edy/jm/opic/diskominfotikntb)

NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Link Penting

BPS NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373