NTB PROV

Dua Tahun Zul - Rohmi : Tantangan, hikmah dan berkah Mewujudkan NTB Gemilang

NTB PROV

Mataram - - Di antara dua bencana beruntun  yang melanda NTB. Yaitu, bencana gempa bumi pada Agustus 2018 dan pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini. Sosok Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) berhasil meretas tantangan dibalik musibah itu dan mampu menemukan peluang untuk membangun NTB selama dua tahun masa kepemimpinannya.

Menurut Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, bahwa dalam tantangan-tantangan tersebut, tetap ada hikmah dan berkah yang luar biasa untuk mewujudkan NTB Gemilang.

"Alhamdulillah selama dua tahun ini, meski hambatan yang luar biasa tetapi pencapaiannya pun sangat membanggakan dan kita tetap bisa membangun NTB yang lebih baik," ungkap Wagub saat menjadi narasumber dalam acara "Berugaq live" dengan tema "Dua Tahun Zul/Rohmi Membangun NTB" di Studio TVRI NTB, Senin (21/09).

Dikatakan Ummi Rohmi sapaan akrabnya, pencapaian berbagai program unggulan NTB semua sudah 'on the right track' (dijalan yang benar). Berbagai inovasi-inovasi juga lahir  dalam upaya percepatan pemulihan pasca bencana. Bahkan Pemerintah Pusat mengapresiasi Provinsi NTB sebagai salah satu provinsi terbaik dalam pemulihan pasca gempa tahun lalu.

"Walaupun kita yang menjalani di sini sangat besar tantangannya. Ternyata dalam skala nasional, penanganan kita termasuk yang terbaik," imbuh Ummi Rohmi.

Setahun kemudian, tak sempat menikmati angin segar pasca pemulihan akibat gempa bumi, NTB khususnya dan Indonesia pada umumnya kembali dikejutkan dengan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia. Antisipasi dari dampak pandemi itu,  Pemerintah Provinsi NTB segera merumuskan kebijakan-kebijakan yang difokuskan pada penanganan kesehatan dan dampak sosial ekonomi masyarakat.

"Program JPS gemilang yang kita luncurkan menggunakan produk-produk lokal ternyata menjadi inspirasi di tingkat nasional. Sehingga dua mata pisau ekonomi masyarakat tetap hidup," ujar tokoh wanita NTB itu.

Selain itu, lanjut Ummi Rohmi, meski Covid-19 masih mewabah. Tetapi beberapa program-program unggulan NTB sudah mulai terwujud. Salah satu di antaranya adalah revitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga. Dari 7.800 lebih posyandu yang ditargetkan di seluruh NTB, hingga Tahun 2020 sudah mencapai 1800 lebih posyandu yang berhasil direvitalisasi menjadi posyandu keluarga. Begitu juga pembentukan Pokja dari 995 desa di NTB yang sudah terbentuk sebanyak 556 desa.

"Saya sangat bersyukur bahwa desa-desa di NTB gampang diajak berkolaborasi. Sebenarnya desa-desa itu butuh solusi yang terus kita dampingi dan mengedukasi. Insyaallah di tahun 2023 semua posyandu menjadi posyandu keluarga," tuturnya.

Begitu pun dengan program unggulan NTB bebas sampah (Zero Waste). NTB Zero Waste maupun NTB hijau merupakan program yang banyak mendapatkan dukungan dan pastisipasi berbagai  kalangan masyarakat. Tidak sedikit desa-desa di NTB yang berlomba menyulap desa mereka menjadi desa yang asri dan lestari. Penyediaan bank sampah hampir ada di setiap desa, sebagian besar masyarakat juga berhasil mengolah sampah menjadi berkah yang memiliki nilai ekonomis. 

"Itulah yang kita dorong agar masyarakat menemukan peluang. Sehingga ada nilai tambah yang diperoleh oleh masyarakat itu sendiri," jelas Ummi Rohmi. 

Terakhir, Ummi Rohmi mengucapkan terimakasih atas sinergi dari masyarakat dan semua pihak yang senantiasa mendukung pembangunan di NTB. Lanjut Ummi Rohmi, Kebersamaan adalah kunci untuk berhasil.

“ Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh masyarakat membangun NTB. karena kebersamaan kunci kita untuk berhasil, NTB ini kita bangun dengan kebersamaan dan cinta" tutupnya. (Man/diskominfotikntb)


NTB PROV
Diskominfotik NTB © 2019 All rights reserved.

Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang

by Dinas KOMINFOTIK NTB

Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat: Jalan Pejanggik No. 12
Mataram, Nusa Tenggara Barat - 83122

Monday - Friday: 07:30 - 16:00 Saturday, Sunday: Closed
0370-622373