GUBERNUR SAPA DAN SERAHKAN BANTUAN BAGI MASYARAKAT DOMPU

GUBERNUR SAPA DAN SERAHKAN BANTUAN BAGI MASYARAKAT DOMPU

Setelah menyapa masyarakat Kota dan Kabupaten Bima, malam ini, Sabtu (25/05/2019, Gubernur NTB, Dr.  H. Zulkieflimansyah hadir di Kabupaten Dompu. Bertajuk Safari Ramadhan, Gubernur menyapa dan bersilaturrahim sekaligus menyerahkan bantuan bagi masyarakat di kabupaten yang dikenal dengan "Nggahi Rawi Pahu" itu.

Didampingi kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Gubernur Doktor Zul ingin menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Termasuk mendengar apsirasi dan mencarikan solusi terbaik dari segala permasalahan yang dialami masyarakat.

Tiba di kabupaten yang terkenal dengan hasil pertanian jagung itu, Gubernur disambut Bupati Dompu,  H. Bambang H. M. Yasin. Ratusan masyarakat dan pejabat pemerintah Kabupaten Dompu pun ikut menyambut orang nomor satu di NTB itu.

Di Pendopo Bupati Dompu, Gubernur dan rombongan menggelar buka puasa bersama serta menunaikan sholat magrib berjama'ah. Kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah Dompu begitu terasa. Hampir setiap ruang yang ada di halaman pendopo itu dipadati oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta seluruh unsur yang ada.

Usai berbuka puasa bersama, Gubernur Doktor Zul, Bupati Dompu dan rombongan bergerak menuju Masjid Raodatul Jannah,  Desa Ranggo, Kecamatan Pajo. Jarak antara Pendopo dengan desa tersebut sekitar 13 Km. Sehingga, membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi itu.

Tiba di Masjid Raodatul Jannah, Doktor Zul dan rombongan langsung disambut ratusan jama'ah masjid. Kemudian menunaikan sholat isya' berjama'ah yang dilanjutkan dengan sholat Sunnat Tarawih. Para jama'ah yang banyak hingga meluber ke halaman masjid terlihat khidmad dan antusias melaksanakan sholat bersama gubernur yang pernah menjabat anggota DPR RI tiga periode tersebut.

Usai sholat Tarawih, Gubernur menyampaikan arahan sekaligus ajakan bagi masyarakat Desa Ranggo dan Kabupaten Dompu umumnya. Gubernur Doktor Zul mengajak pemerintah dan masyarakat Dompu untuk bekerja sama memecahkan setiap masalah yang ada. Termasuk masalah Rabies atau anjing gila yang beberapa bulan lalu menghebohkan masyarakat Dompu.

Gubernur juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Dompu yang telah menyukseskan Pemilu lalu.

"Terima kasih banyak sudah melaksanakan Pemilu dengan aman. Kita telah menunjukkan keramahan dalam pemilu itu," ungkap Gubernur.

Doktor Zul juga mengingatkan bahwa tahun 2020 mendatang, masyarakat Dompu akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih bupati dan wakil bupati. Karena itu,  Pesta demokrasi iti kata Doktor Zul harus disukseskan tanpa mempermasalahkan perbedaan pilihan.

"Apapun partainya, kita sukseskan Pilkada itu dengan aman, jujur dan adil," kata Gubernur.

Bupati Dompu melaporkan kepada gubernur dan rombongan, saat ini masyarakatnya sedang memasuki masa panen hasil pertanian. Dengan hasil yang melimpah dan harga yang sesuai, masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan gembira.

Ia juga melaporkan, masalah yang saat ini sedang ditangani serius oleh jajarannya bersama masyarakat adalah rabies. Berdasarkan catatanya, sekitar 1.741 orang digigit anjing. Anjing yang terindikasi rabies sebanyak 147 ekor.

"Penanganannya, kami sudah melakukan vaksinasi anjing," jelasnya.

Untuk cepat menuntaskan masalah itu, ia meminta kepala desa dan jajaran untuk mengalokasikan dana desa untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan rabies.


SERAHKAN BANTUAN

Pada kesempatan itu juga,  Gubernur Doktor Zul menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemerintah dan Masyarakat  Dompu. Total bantuan yang diserahkan lebih dari 20 M.

Bantuan itu akan dislokasikan untuk pembangunan masjid dan peningkatan sektor pertanian. Untuk kebutuhan air bersih, Gubernur menyerahkan bantuan untuk sumur bor produksi untuk lima desa.

Bantuan itu juga akan dipergunakan Untuk pemasangan listrik gratis bagi enam puluh rumah.