Diabetes dan Gangguan Lambung, Keluhan Saat Ramadhan

Diabetes dan Gangguan Lambung, Keluhan Saat Ramadhan

Penyakit diabetes dan gangguan lambung menjadi penyakit yang paling banyak dikeluhkan masyarakat selama bulan ramadhan. Timbulnya penyakit ini disebabkan karena perubahan pola makan yang berbeda dari biasanya.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB dr. Lalu Hamzi Fikri mengatakan, kedua penyakit tersebut paling banyak dikeluhkan. Akan tetapi, secara umum yang menjadi rujukan paling banyak adalah hipertensi dan diabetes.

"Rujukan tetap terbanyak diabetes dan hipertensi tapi ada juga yang masuk UGD paling banyak karena kena gangguan lambung".katanya, Rabu (29/05/19) di Mataram. 

Perubahan pola makan menjadi faktor utama gangguan lambung. Sehingga masyarakat disarankan untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pada saat berbuka puasa. Khususnya makanan berat dan minuman manis yang menjadi pemicu gula darah. 

"Sebelum makan berat dan minum minuman manis dan dingin, alangkah baiknya berbuka dulu dengan kurma dan air mineral", tambah Fikri lagi. 

Selain itu, Fikri juga menyarankan untuk rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, sayur dan buah serta minum 8 gelas air untuk mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Juga sebagai penambah stamina."8 gelas air itu harus masuk untuk cegah dehidrasi, misalnya sehabis buka, tarawih dan sahur, kurangi karbohidrat juga,"tutupnya. (Luk-tim media).