Berita Instansi

 
Posted : 08 Jun 2011 04:39:15 WIB | http://www.ntb.go.id

Tingkatkan Keterampilan Perempuan NTB

Pelatihan Wirausaha Baru di Bidang Tata Boga digelar di Balai Diklat Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi NTB. Kegiatan yang berlangsung atas kerjasama TP PKK Provinsi NTB dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah NTB tersebut bertujuan meningkatkan keterampilan kaum perempuan NTB melalui program pemberdayaan perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Mataram, Selasa (7/6/2011) 

Diklat yang seluruh pesertanya dari kaum perempuan ini nantinya juga diharapkan dapat menjadi alternatif pendukung ketahanan ekonomi keluarga, mendorong pemberdayaan masyarakat perempuan, serta mendukung program koperasi perempuan di berbagai sektor.

Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Robiatul Adawiyah Majdi, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Elok M. Eveny Badrul Munir, mengatakan, bahwa pelatihan wirausaha baru untuk kaum perempuan ini merupakan sebagai media pelatihan agar kaum perempuan dapat lebih mandiri dalam menggerakkan roda perekonomian berbasis sumberdaya lokal sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Dikatakan, salah satu upaya dalam meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan keluarga adalah dengan membina keluarga menuju tata kehidupan ekonomis produktif dengan cara melakukan usaha-usaha peningkatan pendapatan dan menumbuhkembangkan kemampuan berwirausaha bagi kaum perempuan.      

“Terlebih dalam era globalisasi saat ini, peluang untuk berkarya dan berkreasi sangat terbuka lebar, terutama sebagai salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Diklat tata boga juga dinilai sebagai kegiatan yang sangat strategis terutama bagi perempuan dan ibu-ibu yang akrab dengan dunia boga. “Saya harap, melalui kegiatan diklat ini akan dapat memberikan inspirasi untuk membangun mindset dalam mengolah bahan makanan sehingga berpotensi menjadi salah satu bisnis keluarga yang menguntungkan,” harapnya.

Ketua TP PKK NTB juga menjelaskan, bahwa pemerintah daerah telah memberikan dukungan yang besar untuk tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru melalui program penciptaan 2000 koperasi berkualitas dan 100 ribu wirausaha baru.

“Tentu dengan adanya program ini akan semakin mendorong keinginan masyarakat untuk berusaha menjadi wirausahawan yang handal, yang memiliki profit cukup besar serta mampu berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja di NTB,” katanya.

Agar wirausaha dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, lanjutnya, tentu harus dibarengi dengan kemauan, inspirasi, keahliaan dan penguasaan iptek untuk mempermudah usaha dan memudahkan akses informasi pasar.

Untuk itu, seorang wirausahawan dituntut  memiliki kemandirian sikap dan perilaku ekonomi yang efisien dan produktif serta memiliki kemampuan kuat untuk terus berkarya dan berkreasi. Selain itu, katanya, wirausahawan juga dituntut mampu memberikan solusi secara tepat dan berani dalam mengambil resiko bila menghadapi persoalan yang berkaitan dengan usaha berdasarkan pertimbangan yang cermat serta etika bisnis yang sehat. (eed/editor: ima)