Berita NTB Bersaing

 
Posted : 27 Nop 2010 09:00:58 WIB | http://www.ntb.go.id

Dikes Loteng Akan Gelar Operasi Katarak

Lombok Tengah, NTB,  27/11/2010 - Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Nusa tenggara Barat, dr Nurhandini Eka Dewi, akan melakukan operasi gratis bagi penderita penyakit katarak.

        "Operasi katarak akan kita laksanakan pada Sabtu 27/11 di Puskesmas Sengkol, Kecamatan Pujut," kata Eka yang ditemui wartawan di kantor Bupati (26/11).

         Diakuinya, acara operasi katarak tersebut akan berbenturan dengan kegiatan pelantikan Bupati dan wakil Bupati, namun demikian,  kegiatan tersebut tetap dilaksanakan.

         "Sebenarnya berbenturan dengan jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati. Tapi tetap kita laksanakan karena sudah dijadwalkan dari hari sebelumnya," jelasnya
    Menurutnya, jumlah penderita katarak yang akan dioperasi sebanyak 30 orang. "Kebanyakan dari warga setempat yang akan dioperasi nanti," jelasnya.

         Diakui Eka, Program operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun. "Ini adalah program yang setiap tahun kita gelar di berbagai tempat di kabupaten Lombok tengah," jelasnya.

    Untuk tahun ini saja, kata Eka, Dikes sudah mengoperasi sekitar 200 penderita katarak.

         Dikatakannya, kegiatan Operasi Katarak ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Loteng dengan Balai Kesehatan Mata (BKM) Mataram.

         Menurutnya, secara umum, penyakit katarak yang banyak menjangkit masyarakat karena berbagai faktor. Diantaranya faktor usia, efek penyakit diabetes, dan faktor lainnya.

         "Dari ratusan penderita katarak yang telah dioperasi, kebanyakan penderitanya adalah para usia lanjut," jelasnya.

    Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan cara mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata seperti sayur sayuran dan buah buahan.

         "Kita anjurkan untuk memperbanyak makan sayur sayuran sebab baik untuk kesehatan" jelasnya. (*)