Berita NTB Bersaing

 
Posted : 28 Mar 2012 14:46:29 WIB | http://www.ntb.go.id

Satu Lagi Prestasi Nasional Diterima Gubernur NTB

Rabu, 28/03/2012

Wakil Presiden RI  Boediono  didampingi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menganugrahkan penghargaan kepada  Gubernur NTB Dr TGH M Zainul Majdi sebagai pembina Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-Mpd) Terbaik  dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).   Pengahargaan yang  diserahkan di hotel Sahid Jakarta Selasa , 27/3/2012 itu, karena Gubernur yang akrab dipanggil Tuan Guru Bajang  ini dinilai memiliki prestasi yang membanggakan dalam pembinaan kemitraan PNPM tingkat provinsi.

Usai menerima anuherah, gubernur menjelaskan, anugerah tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas kerja keras masyarakat di NTB dalam mengembangkan program PNPM. Ia berharap kedepan prestasi ini dapat terus ditingkatkan. “Sebenarnya ini adalah hasil kerja masyarakat kita yang dinilai berhasil secara nasional, kami sangat bersyukur sekali,” ujar gubernur  kepada sejumlah awak media.

Wapres Boediono memberikan selamat kepada para peraih penghargaan.Hal ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pembangunan program tersebut, tegasnya.  Menurut Wapres,  program  PNPM telah terbukti memberikan multiplier effect yang besar bagi kesejahteraan masyarakat terutama di pedesaan. “PNPM mandiri memang suatu program yang mempunyai aspek ganda”, ujar wapres.

Lebih dari 5.000 Desa
Dikutip dari situs resmi Wapres RI, sejak beroperasi pada 2007, PNPM-MPd telah menjangkau setidaknya 5.100 kecamatan atau sekitar 80 persen dari total kecamatan di Indonesia. Tersebar di 393 kabupaten/kota yang mencakup hingga lebih dari 5.000 desa. Kegiatan PNPM telah menyerap lebih dari 13 ribu fasilitator yang melatih hampir satu juta penggiat pedesaan.
Secara keseluruhan, dalam operasinya PNPM telah melibatkan hingga lebih dari 5 juta warga perdesaan. Salah satu keberhasilannya pun dinilai dari keterlibatan perempuan yang melebihi target awal 40 persen, namun berhasil mencapai 48 persen. Dalam bidang ekonomi, pinjaman bergulir simpan pinjam dikelola untuk 400 ribu masyarakat dengan total aset mencapai Rp6,6 triliun.
Dikatakan Wapres, kunci kekuatan PNPM-MPd terletak pada prinsip keterbukaan, dimana masyarakat merencanakan, melaksanakan dan mengawasi langsung, atau dalam arti singkat, swakelola. Prinsip ini harus dipelihara dan diperkuat.

Wapres menginginkan unsur partisipasi dan transparansi tadi, seperti PNPM-MPd, diaplikasi di berbagai program pembangunan lain. Selain itu juga, ia memuji unsur keluwesan PNPM yang bisa diterapkan dalam kondisi normal maupun bencana.(Tim PDE)