PROSEDUR PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN PENANAMAN MODAL

Administrator | Rabu, 10 Desember 2014 - 07:12:03 WIB | dibaca: 4025 pembaca


 

Mengacu kepada dasar hukum mengenai penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan penanaman modal tersebut12 tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Permohonan Penanaman Modal sebagaimana prosedur atau alur proses pelayanan perizinan dan non perizinan berikut ini :

Prosedur :

  1. Investor mengajukan permohonan dengan mengisi formulir yang telah tersedia sesuai dengan kebutuhannya dengan melampirkan persyaratan yang telah ditetapkan sesuai jenis perizinan dan non perizinan yang diajukan.
  2. Permohonan ditujukan kepada Gubernur NTB Cq. Kepala BPM Provinsi NTB diatas kertas bermaterai secukupnya melalui petugas Front Office (FO).
  3. Petugas FO, meneliti kelengkapan dan kebenaran permohonan.
  4. Permohonan beserta lampiran yang telah dinyatakan lengkap dan benar, diterima FO disertai tanda terima.
  5. Tanda terima akan berguna dalam pengambilan naskah perizinan yang telah memperoleh pengesahan dari Kepala BPM Provinsi NTB.
  6. Permohonan yang tidak lengkap dan tidak benar dikembalikan kepada Investor untuk dilengkapi dan di perbaiki disertai tanda terima pengembalian.
  7. Permohonan yang telah dinyatakan diterima selanjutnya dikirim ke petugas BO untuk diproses perizinannya.
  8. Jenis perizinan yang memerlukan peninjauan lokasi proyek, petugas BO atas nama Kepala BPM Provinsi NTB mengundang anggota Tim Teknis untuk meninjau ke lokasi proyek. Hasil peninjauan akan dibuatkan Berita Acara Peninjauan (BAP).
  9. Petugas BO selanjutnya mempersiapkan draf izin (perizinan) dimaksud untuk memperoleh persetujuan atau tanda tangan Kepala BPM Provinsi NTB.
  10. Setelah dokumen/naskah perizinan telah ditandatangani Kepala BPM Provinsi NTB, naskah naskah izin tersebut diberi nomor oleh petugas administrasi yang selanjutnya diserahkan kepada Investor setelah menunjukkan bukti tanda terima pada saat permohonan dinyatakan diterima oleh petugas FO atau petugas administrasi BPM.
  11. Penerimaan naskah izin dilaksanakan di loket penerimaan dengan disertai tanda terima dari petugas adminitrasi BPM. Setelah terima izin maka proses perizinannnya dinyatakan selesai.