Berita NTB Bersaing

RATAS DENGAN PRESIDEN, WAGUB PAPARKAN UPAYA PENANGGULANGAN KEKERINGAN

Bidang IKP Diskominfo NTB | Rabu, 13 September 2017 - 13:04:30 WIB | dibaca: 77 pembaca

Presiden Joko Widodo mengundang sejumlah kepala daerah untuk mengikuti rapat terbatas di Istana Presiden, Selasa 8(12/09/2017). Didampingi sejumlah menteri, Presiden khusus membahas  bencana kekeringan yang terjadi di sejumlah daerah, termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH. M.Si yang hadir dalam rapat tersebut diminta Presiden Jokowi untuk menggambarkan kondisi dan upaya penanganan kekeringan yang terjadi saat ini.  

Di hadapan Presiden, Wagub menjelaskan, pemerintah provinsi telah melakukan sejumlah langkah untuk menangani bencana tersebut. Mulai dari pemetaan daerah atau titik yang terkena bencana kekeringan sampai dengan mengintesifkan koordinasi dengan kab/kota melalui dinas/badan terkait. Seperti dinas Pekerjaan Umumn, Dinas sosial dan Badan Penanggulangan Bencana daerah. Selain dinas dan badan, pemerintah juga mengintesifkan komunikasi dengan masyarakat sebagai bentuk pelibatan bersama dalam menanggulangi kekeringan tersebut.

Upaya lain yang sudah dilakukan pemerintah daerah, jelas Wagub selain mendistribusikan air bersih juga mengupayakan penanganan dampak kekeringan jangka panjang seperti membangun fasilitas dan memanfaatkan bendungan yang sudah ada serta menyiapkan anggaran perubahan 2017 sebesar 3,5 M. Selain itu, pemerintah daerah sudah mengajukan anggaran sebesar 40 M ke BNPB Pusat.

Biro Humas dan Protokol NTB