Berita NTB Bersaing

Putra Daerah NTB Jabat Danrem 162/WB

Administrator | Kamis, 26 Februari 2015 - 19:26:13 WIB | dibaca: 15186 pembaca

Tongkat Komando Danrem 162/WB akhirnya dipercayakan kepada putra daerah asli NTB, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, ST, MSi. Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danrem 162/WB dari Kol. Arh. Kuat Budiman, SIP kepada Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, ST, MSi, berlangsung dalam Upacara Sertijab, yang digelar di Lapangan Makorem 162/WB, Kamis (26/2) pagi tadi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pangdam IX/Udayana Mayjend TNI Torry Djohar Banguntoro. Turut hadir dalam sertijab, Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH, MSi, Kapolda NTB Brigjen Pol Sriyono, Danlanud Rembiga, Letkol. Pnb. Ardi Syahri, Ketua DPRD NTB, H. Umar Said, S.Ag., Ketua Pengadilan Tinggi Mataram, Sri Wahyuni, SH, MH, dan para pejabat TNI/Polri. 

Tampak hadir pula, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat NTB. Diantaranya, Pemban Adat Gumi Sasak Drs. H. Lalu Azhar, Tuan Guru Haji Lalu Turmuzi Badarudin Bagu, Tuan Guru Haji Ma’arif Makmun, Tuan Guru Haji Lalu Khairi Adnan, Letjen TNI (Purn) Suyono dan tokoh masyarakat NTB lainnya.

Pangdam IX/Udayana Mayjend TNI Torry Djohar Banguntoro dalam amanatnya berpesan, jajaran Korem 162/WB dalam tugasnya harus mampu meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah, aparat dan seluruh masyarakat. Interaksi dan komunikasi harus bisa dibangun secara cerdas dan santun. Dengan begitu, sinergi akan dapat terwujud. Menurut pangdam, kinerja yang sinergi, akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul di tengah masyarakat. 

Ia juga menambahkan, pentingnya kerjasama antar seluruh komponen masyarakat atau yang dikenal istilah Sishankamrata (Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta). “Sishankamrata ini merupakan sistem yang ampuh untuk mencegah dan menangkal sedini mungkin, terjadinya berbagai macam konflik yang disebabkan dari dalam maupun dari luar daerah,” tandas Pangdam.

Pada saat itu, secara khusus Pangdam juga berpesan kepada Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, agar kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat, untuk memangku jabatan Danrem 162/ Wira Bhakti di NTB, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sementara, kepada Kol. Arh. Kuat Budiman, SIP, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan karena telah memberikan pengabdian yang terbaik selama bertugas di NTB.

Upacara Sertijab ini, diikuti oleh seluruh jajaran Korem 162/WB. Kegiatan juga dimeriahkan dengan atraksi dan demonstrasi dari jajaran anggota TNI. Selain Yoongmodo, juga ditampilkan atraksi barongsai dan peresean. Kegiatan diakhiri dengan pisah sambut di Aula Sudirman, di Kompleks Makorem 162/Wira Bhakti, Jalan Lingkar Selatan, Mataram. (roni*dab)