Berita Instansi

NTB JUARA LAGI

Bidang IKP Diskominfo NTB | Rabu, 23 November 2016 - 15:27:46 WIB | dibaca: 885 pembaca

Pemerintah Provinsi NTB untuk kesekian kalinya, kembali mengukir prestasi nasional di tahun 2016 ini.  Pengelolaan Unit Teknis Persandian, Telekomukasi dan LPSE NTB pada Biro Umum Setda Provinsi NTB, dikukuhkan sebagai Peringkat PERTAMA (Terbaik Nasional) Hasil Penilaian Persandian 2016 untuk Jajaran Pemerintah Provinsi. Penghargaan Nasional itu, diserahkan langsung Kepala Lembaga Sandi Negara, Dr.Djoko Setiadi, M.Si pada Rakernas  Persandian Tahun 2016 di Hotel Royal Kuningan Jakarta ( Selasa, 22/11-2016).

 

        Penghargaan diterima  Kepala Bagian Kesekretariatan dan PDE, GP. Aryadi, S.sos.,MH. sebagai pejabat yang bertanggung jawab dibidang penyelenggaraan urusan Persandian Pemerintah Provinsi NTB. Pada Rakernas ini,  Kabag KPDE yang juga Kepala LPSE NTB itu, ditunjuk sebagai salah satu Narasumber Rakernas  Persandian Tahun 2016, bersama narasumber  Pejabat eselon I dari Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Sandi NTB.

Aryadi memaparkan meteri tentang : Pengelolaan Informasi Strategis /Informasi berkwalifikasi Pemerintah Provinsi NTB.  Dalam paparannya, Gde sapaan akrab Kepala LPSE itu menguraikan banyak hal yang berkaitan dengan Profil NTB serta upaya – upaya pihaknya memberikan dukungan pengamanan informasi dan dukungan system  pengelolaan informasi Strategis dalam pencapaian Visi –Misi Gubernur NTB mewujudkan NTB yang beriman, berbudaya, berdayasaing dan Sejahtera.

 Ia  menjelaskan, NTB kini memiliki  Landasan kebijakan yang kuat dibidang  Pengelolaan Informasi, khususnya informasi Strategis.  “RPJMD Provinsi NTB 2013-2018, secara tegas menempatkan  Program  Layanan Informasi dan Pemanfaatan Teknonologi Informasi dan Komunikasi sebagai indicator  Utama  mewujudkan layanan public yang transparan dan akuntable, mewjudkan birokrasi bersih dan melayani serta percepatan pencegahan dan pemberantasan korupsi”, ungkapnya.

Arahan RPJMD tersebut, kata dia telah ditindaklanjuti dalam bentuk  kebijakan teknis  berupa Pergub Rencana Induk Pengembangan e- Gov. NTB, yang kemudian dijadikan pedoman dalam menyusun dan melaksanakan Program dan Kegiatan  Pengelolaan Informasi Strategis Provinsi NTB, paparnya.

Aryadi  juga memaparkan sejumlah Program dan kegiatan strategis yang kini telah mengantarkan NTB meraih prestasi di tingkat Nasional, mulai dari  Perencanaan, Pembangunan Infrastruktur dan Sarana Persandian, Pengelolaan informasi Strategis,  Pengelolaan Layanan Informasi Publik hingga pada inovasi penataan dan pengelolaan arsif  arsif penting, dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi informasi.

 Selain NTB, Provinsi Riau juga menerima penghargaan sebagai Terbaik Kedua dan Provinsi Jateng sebagai Terbaik Ketiga. 

            Sebelumnya, NTB telah menerima Penghargaan “National Procurement Award 2016” dari LKPP-RI atas prestasi dibidang Layanan Pengadaan secara elektronik yang diselenggarakan LPSE NTB pada Biro Umum. Penghargaan tersebut, diterima Kepala Biro Umum selaku Pembina LPSE NTB, Drs. Fathul Gani, M.Si yang mewakili Gubernur NTB pada  Rakernas LPSE di Balai Kartini (Jakarta, 3/11-2016).