Berita Instansi

Lestari Alam, Lestari Lingkungan Hidup

Bidang IKP Diskominfo NTB | Senin, 27 November 2017 - 14:24:35 WIB | dibaca: 97 pembaca

Inspiratif Expo merupakan salah satu tempat yang paling strategis untuk menyampaikan informasi atau mengedukasi masyarakat tentang hal-hal yang baik. Pasalnya, di saat masyarakat umum sedang menikmati udara segar di Car Free Dayyang berada di jalan Udayana tersebut, Inspiratif Expo menyisipkan informasi yang edukatif untuk masyarakat. Beberapa Organisai Perangkat Daerah (OPD) tampil di acara tersebut untuk menyampaikan informasi yang edukatif. Kali ini, giliran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nusa Tenggara Barat, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB, dan Badan Statistik Provinsi NTB untuk menyampaikan informasi yang edukatif tersebut.

Di acara tersebut, Dinas LHK menyerukan kepada masyarakat untuk menanam serta memilihara pohon. ''Ayo Tanam dan Pilihara 25 Pohon Selama Hidup'' itulah tema yang diangkat oleh Dinas LHK di Inspiratif Expo yang rutin diadakan oleh Diskominfotik NTB setiap Ahad pagi. Di tengah keramain orang yang sedang menyaksikan Inspiratif Expo, tiba-tiba Kepala Dinas LHK berdiri di atas panggung untuk menyuarakan tentang pentingnya melestarikan alam dan lingkungan. ''Kelestarian itu menjadi bagian penting dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan, tidak usah di bohongi bahwa banjir longsor di mana-mana itu terjadi karena kerusakan lingkungan hidup dan kehutanan,'' ungkap Kepala Dinas LHK dihadapan masyarakat dan siswa yang sedang menyaksikan Inspiratif Expo.

Dinas yang baru bekerja sepuluh bulan itu, berkomitmen untuk menjaga dan mengendalikan lingkungan hidup dan kehutanan yang ada di NTB. ''Untuk memperbaiki lingkungan hidup dan kehutanan itu, tidak lain adalah rajin menanam dan cintai lingkungan sekitarnya,'' terangnya.

Selain Dinas LHK NTB, KPID NTB juga tampil untuk memberikan informasi yang edukatif di acara Inspiratif Expo tersebut. Di acara tersebut, Ketua KPID NTB, Sukrin Aruman, mengangkat tema tentang ''Sehari Tanpa TV''. Tema itu mengirim pesan kepada masyarakat agar jangan menghabiskan waktu untuk menonton TV. ''Rata-rata orang Indonesia menonton TV lebih dari lima jam sehari, sementara dalam kesehatan maksimal menonton TV hanya 2 jam,'' ungkap Sukrin Aruma selaku Ketua KPID NTB di panggung Inspiratif Expo.

Di sela-selah para OPD menyampaikan Informasi yang edukatif tersebut, Inspiratif Expo juga menampilkan para pemuda-pemudi yang memiliki talenta di bidang seni, baik itu seni tari, musik, maupun seni hadroh. Kali ini Inspiratif Expo menghadirkan tari adat Bima dari sanggar ''Putri Kamonca'' dari perkumpulan Mahasiswa Hukum Universitas Mataram, Ocha Finalis dari the Voice Indonesia, focustic, Hadroh dari SMA 8 Mataram, Ulfiani Hayati penyanyi Istana dari  SMA N 1 Mataram, tari Sangiang dari perkumpulan Mahasiswa Bima UIN Mataram, dan Ferry dan Didi Dj dari Bongkeis DJ School. (HD)