Berita Media

IVAN, MEMINATI MEDICAL SCIENCE

Bidang IKP Diskominfo NTB | Senin, 02 Oktober 2017 - 14:18:28 WIB | dibaca: 86 pembaca

''Apalah daya belajar ilmu pengetahuan tanpa bahasa sebagai pengantarnya,'' ungkap anak laki-laki yang bisa berbahasa Thailand, Korea, Mandarin, Jepang, Jerman dan bahasa Inggris ini.

Ivan Renaldi Sudarso merupakan siswa SMA Negeri 2 Mataram yang memiliki segudang talenta. Anak laki laki blasteran Timor Leste dan Bali ini lahir di Mataram. Bukan hanya bisa berbicara 6 bahasa. Ia juga unggul dalam bidang akademik. Diungkapnya, belajar berbagai mata pelajaran membutuhkan kepiawaian dalam berbahasa.

''Saya mengikuti Medical Science And Application ( MEDSPIN) Competition yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga 2016 lalu,'' katanya saat diwawancarari Tim Media diskominfotik, Kamis (28/09).Dalam MEDSPIN Competition, ia dan timnya membekali diri dengan penguasaan terhadap mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Kedokteran dan Farmasi. Sangat jarang yang bisa mengikuti kompetisi ini. Ia megungkapkan, pada kompetisi ini dibutuhkan keahlian dalam anatomi tubuh manusia dan cara pengobatannya.

Bukan hanya ajang kompetisi nasional, anak laki laki yang meminati medical scienceini juga menyabet juara 3 olimpiade farmasi se-kabupaten yang diadakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga serta meraih juara 3 dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) tingkat Kota Mataram dalam mata pelajaran Fisika.

Ivan berharap dalam MEDSPIN yang akan diadakan di Universitas Airlangga Surabaya pada bulan November mendatang, ia dan timnya dapat masuk gand final dan meraih juara.

Ketika ditanya tentang persiapan untuk mengikuti kompetisi tersebut,  ia dan timnya telah mempersiapkan diri selama beberapa bulan terakhir dengan belajar intensif melalui penguasaan materi  6 Bidang,  yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran dan Farmasi. (Nad)