Berita NTB Bersaing

INDONESIA SEHAT BERMULA DARI KELUARGA

Bidang IKP Diskominfo NTB | Senin, 13 November 2017 - 08:51:57 WIB | dibaca: 59 pembaca

Dengan mengusung tema ''Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku'' peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ingin menyampaikan pesan bahwa sehat Indonesia bermula dari sehatnya keluarga.

Dikomandoi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi S.Pa, peringatan HKN ke 53 digelar dikeramaian jalan udayana saat Car Free Day bekerjasama dengan Dinas Kominfotik NTB dalam Inspiratif Expo.Dengan seragam biru dongker bertuliskan 

HKN-53, seribuan peserta memadati jalanan. Sejumlah pejabat berbaur dengan masyarakat yang diawali senam pagi. ''Kami melibatkan sekitar 1500 orang dalam peringatan HKN ini,'' jelas dr. Eka.

Wakil Gubernur Provinsi NTB, H. Muh  Amin, yang hadir sejak pagi mengajak seluruh masyarakat untuk membiasakan diri menanamkan gerakan hidup sehat. ''Melakukan gerakan fisik selama 30 menit, makan buah dan sayur dan sering mengontrol kesehatan secara rutin,'' ujar Wagub.

Selain menjalin silaturrahim, peringatan HKN di NTB ini sekaligus mengawali peringatan hari lahir NTB yang ke 59 yang puncaknya pada 17 Desember 2017 mendatang.

''Kita berkumpul disini bukan saja meningkatkan silaturahmi, ini merupakan momentum memperingati hari lahir NTB yang ke 59 pada 17 Desember 2017 mendatang,'' kata Wagub.Semua OPD jajaran Pemrov NTB turut meramaikan HKN. Dinas Perdagangan mengisi sejumlah stand dengan menggelar pasar murah. Dinas Perikanan dan Kelautan menampilkan ikan segar dalam aquarium. Dinas Pertanian menyediakan berbagai jenis sayur dan buah. Pemeriksaan mata dan kesehatan geratis dari RSUD Prov NTB. Pengenalan produk bermacam obat dari BPOM Mataram.

Serti juga gelaran Inspiratif Expo sebelumnya, di pekan ke 12 ini dimeriahkan sejumlah atraksi. Perpaduan peralatan perkusi dengan gamelan dari SMAN 3 Mataram mengisi segarnya udara pagi. Dua musisi cilik Jingga dan Biru memainkan biola dan gitar yang memukau penononton.

Keunikan kali ini, diisi oleh atraksi Waras Band. Pemainnya adalah mantan pasien Rumas Sakit Jiwa Mutiara Sukma Mataram serta atraksi band dari Mahasiswa Kedokteran Universitas Al Azhar Mataram.

Warga masyarakat yang hadir memperoleh bermacam hadiah, seperti sepeda gayung, lemari es dan sejumlah alat elektronik lainnya. Peringatan HKN ini ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Wakil Gubernur, H. Muh Amin, Sekda Prov NTB Rosyadi Sayuti dan M Nur Ketua Yayasan Jantung Prov NTB. (edy/ang_IKP)