Buletin NTB

Hasan Kasim (Laskar Petani)

Administrator | Rabu, 10 Desember 2014 - 09:25:07 WIB | dibaca: 2953 pembaca

Menjadi peserta dalam pertemuan tahunan VECO indonesia yang bermitra dengan LP2DER Bima di Bondowoso Jatim pada bulan agustus 2009 lalu merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi saya karena begitu banyak pengalaman yang menarik terutama yang berkaitan dengan Pertanian yang saya pelajari untuk di kembangkan di desa saya. Untuk merubah pola pikir para petani agar mau melakukan pola tanam yang baik dan bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk ditanami tanaman jangka panjang seperti Jati, mahoni, sengon dan pohon buah-buahan seperti mangga, nangka dan durian, jambu mente memerlukan kesabaran, ketekunan,kepedulian dan keteladanan.

Yang membuat saya bangga telah terbentuknya Forum Masyarakat Tani ( FMT ) Paju Rasa kabupaten Bima dan saya menjadi ketua forum tersebut dan FMT sudah ada di 168 desa di kabupaten bima dan ada korwilnya di masing-masing kecamatan. Dengan pendampingan yang inten dari LP2DER FMT telah mempunyai struktur organisasi, visi, misi dan rentstra.

 

Mimpi saya masyarakat tani memiliki kedaulatan dan kualitas yang baik. Hal ini bisa dicapai apabila ada kesamaan visi,misi dari semua aktor di kabupaten bima yang didukung oleh kebijakan yang berpihak kepada petani.

MOTTO ”KETELADANAN AKAN MAMPU MERUBAH POLA PIKIR”