Kegiatan Gubernur

GUBERNUR NTB MUTASI 29 PEJABAT ESELON II

Administrator | Senin, 02 Februari 2015 - 10:05:51 WIB | dibaca: 12265 pembaca

Gubenur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi memutasi 29 pejabat struktural yang menduduki Eselon II. Bertempat di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur (28/1/15), acara yang sekaligus dirangkaikan dengan pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat struktural Eselon II dan Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Daerah lingkup Pemprov. NTB berjalan dengan tertib dan khidmat.

Nama-nama 29 pejabat struktural Eselon II yang dimutasi adalah Ir. H. Husni Fahri, M.M dari jabatan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura ke jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Ir. Mokhlis, M.Si dari Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip menjadi Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura. Drs. Imhal dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ke jabatan baru sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, Ir. Rosiady Sayuti, M.Sc., Ph.D yang dulunya sebagai Asisten Tata Praja dan Aparatur Sekretariat Daerah menjadi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Dr. Ir. Abdul Hakim, M.M, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri kini menjabat sebagai Asisten Asisten Tata Praja dan Aparatur Sekretariat Daerah. Drs. L. Bayuu Windya, M, M.Si dari jabatan lama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri. Ir. Ridwansyah, M.T dengan jabatan lama Staf Ahli Gubernur menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu.

Mahdi, S.H., M.H dengan jabatan lama Kepala Biro Administrasi Pemerintahan kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan. H. L. Moh Faozal, S.Sos., M.Si dengan jabatan baru Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggantikan  Drs. Muhammad Nasir yang kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan. Dra. Putu Selly Andayani, M.Si yang dulunya menjabat Kepala Biro Keuangan Setda NTB menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah. Dr. L. Sajim Sastrawan dengan jabatan lama Sekretaris Dewan Korpri menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik. Ir. Azhar, M.M yang dulu menjabat Kepala Biro Organisasi Setda NTB kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan. Ir. Tadjuddin Erfandi, M.Sc dengan jabatan lama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan. Drs. Bachruddin, M.Pd dengan jabatan lama Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Drs. M. Husni Thamrin, M.M yang dulunya menjabat Sekretaris Badan Ketahanan Pangan kini menjabat Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipill. Ir. H. Iswandi yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Umum Setda NTB kini menjabat Kepala Biro Keuangan Setda NTB. Drs. Fathurrahman, M.Si yang dulu menjabat Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah menjadi Kepala Biro Umum Setda NTB. Drs. L. Dirjaharta, M.Si yang dulu menajbat Kepala Biro Administrasi Kerjasma dan Sumber Daya Alam Setda NTB menjadi Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda NTB.

Ir. H. Mohammad Rum yang dulu menjabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda NTB kini menjabat Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Sumber Daya Alam Setda NTB. Ir. I. Gusti Bagus Sugiartha, M.T yang dulu menjabat Kepala Bidang Perencanaan, Tata Ruang dan Prasarana pada BPPD kini menjabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa. Drs. Hendro Kartiko, M.Si yang dulu menjabat Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setda NTB kini menjabat Sekretaris Dewan Pengurus Korpri. Dr. Ir. Manggaukang Raba yang dulunya menjabat Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dikpora kini menjabat Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setda NTB. Drs. Tri Budi Prayitno dengan jabatan lama Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menjadi Kepala Biro Organisasi Setda NTB.

Sementara itu, di saat yang sama gubernur juga melakukan pelantikan 5 pejabat Eselon II menjadi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Daerah, diantaranya Drs. L. Imam Maliki, M.M yang dulu menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan menjadi Ketua Tim Percepatan dengan posisi wakil ketua yang ditempati Drs. H. Arsyad Abdul Gani, Ir. H. Mohammad Ali Syahdan, H. Rachmad Radjendi, SH, dan Desak Putu Yulistiani.

Dijelaskan oleh gubernur, pelantikan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan tersebut sengaja dibentuk untuk memberikan kajian dan masukan secara khusus agar dalam seluruh sektor pembangunan terjadi percepatan.

“Jadi, Tim Percepatan sangat spesifik tugasnya dan untuk itu ketua beserta anggota diberikan hak-hak seperti Eselon II, namun dengan tugas-tugas yang tidak kalah beratnya dan tidak kalah penting dengan pejabat struktural yang ada,” jelas Gubernur.

Sementara itu, dalam amanah yang disampaikan selepas mengambil sumpah dan melantik ke 29 pejabat struktural, gubernur menegaskan bahwa mutasi tersebut dilaksanakan untuk kepentingan organisasi yang dalam hal ini adalah Pemprov. NTB. Oleh karena itu, selaku pimpinan, Ia beserta Wakil Gubernur H. Muh. Amin, SH., M.Si mempunya kewajiban untuk memastikan bahwa dalam organisasi haruslah memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan-tujuannya.

“Salah satu cara untuk memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuannya adalah memastikan organisasi itu selalu dinamis, bergerak sesuai dengan tantangan-tantangan yang dihadapi, mampu untuk memperbaiki dirinya terus-menerus, responsive terhadap tantangan-tantangan eksternal maupun internal dan punya komitmen yang tinggi,” imbuhnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menyampaikan harapan agar para pejabat yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalitas penuh, dan juga dapat melakukan koordinasi dengan sebaik-baiknya. (Poetri)