Diposting : 20 Jul 2011 08:22:28 WIB | 372 Pembaca, 2 Komentar

KEGIATAN SEPEKAN - GUBERNUR NTB
MUFAKAT Nasional IV Dipusatkan di Ponpes Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor Lotim
     
Oleh : Humas NTB  

Musabaqah Fahmi Kutubit Turats (Mufakat) Nasional IV Tahun 2011 diikuti 33 Provinsi  se Indonesia.  Mufakat yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor – Lombok Timur ini, acara pembukaannya dihadiri oleh pejabat Kementerian Agama RI, Provinsi NTB, dan pejabat Kabupaten/Kota se NTB, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Ponpes se NTB, toga, toma, dan masyarakat NTB.

Mengawali sambutannya Gubernur NTB – Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, atas nama pengasuh pondok pesantren mewakili para ustaz dan uztazah, para pengurus Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor  menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta dari 33 provinsi. Semoga seluruh kontingen dapat meningkatkan persahabatan dan keakraban diantara semua keluarga besar pondok pesantren di Indonesia.

Mufakat IV tahun 2011 ini menurut Majdi adalah sangat tepat dan relevan. Tepat karena mufakat ke 4 ini mengusung tema “Bersama Pondok Pesantren Mengusung Negeri”.  Tema ini menunjukkan bahwa pondok pesantren tidak pernah terpisahkan dari geliat pembangunan yang ada di NTB, jelasnya.

Lebih lanjut, seluruh komponen pondok pesantren mulai dari ustadzah dan ustadz, serta santri,  tidak pernah ketinggalan bersama komponen masyarakat yang lain untuk berjuang membangun negeri.  Di dalam pondok pesantren, diajarkan, dipelajari, didiskusikan dan dikembangkan ilmu-ilmu Islam yang Insya Allah akan bermanfaat untuk kemajuan ummat manusia.Didalam pondok pesantren tidak hanya terjadi transpormasi ilmu, tidak hanya terjadi pengajaran, tetapi juga terjadi pendidikan internalisasi nilai-nilai khususnya nilai-nilai keagamaan, dan juga nilai-nilai kebangsaan.  Dan pondok pesantren adalah tempat atau sumber yang tidak habis-habisnya untuk melahirkan pemimpin-pemimpin daerah dan bangsa.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Pelatihan dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Abdul Jamil, M.Si, mufakat merupakan ajang silaturrahim antara seluruh Pondok Pesantren di seluruh Indonesia, karena saat ini masuk dalam program pendidikan nasional dan masuk dalam fase terbaik dalam pengembanganannya. Hal ini merupakan pengakuan jika Ponpes adalah sarana pendidikan yang tidak lekang oleh zaman. Karena Ponpes juga turut  melahirkan pemimpin bangsa di Indonesia. Jelasnya.

Menurut Jamil, jumlah Ponpes di Indonsia terus mengalami perkembangan. Tahun 1974 jumlah ponpes sebanyak 4.195 buah dengan santri sebanyak 677.390 orang. Sedangkan data taerakhir jumlah ponpes sebanyak25.785 buah, dengan jumlah santri 3 juta lebih.

Semua ponpes itu swasta, jelasnya. Artinya ponpes menunjukkan kemandiriannya. Walaupun sebagai lembaga sawsta tetapi tetap bisa mandiri. Hal ini bisa dilihat dari penmbangunan fisik dari pondok pesantren sudah banyak yang mewah, lengkap dengan sarana dan prasarana. Ponpes adalah system pendidikan ternama di Indonesia. Tegasnya.

Lebih lanjut, Mufakat ini bisa menjadi wahana untuk melanjutkan tradisi pesantren, salah  satunya adalah mempelajari kitab kuning.  Karena kitab kuning secara turun temurun selalu diwarisi para pimpinan ponpes kepada santrinya. Selain itu juga untuk melestarikan kitab kuning yang merujuk pada Al Quran dan As Sunnah.

Diharapkan melalui kegiatan ini para santri bisa menjadi lebih santun. Tidak melakukan hal yang negatif dan bertentangan dengan agama. Saat ini dunia ponpes mendapatkan sorotan yang cukup serius, baik menyangkut terorisme maupun gerakan transnasional yang tumbuh ditanah air belakang ini, jelasnya.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama RI-Drs. H. Chairul Fuad Yusuf mengatakan  Musabaqah Fahmi Kutubit Turats pada awalnya bernama Musabaqah Qiraati Kutub (MQK). Musabaqah ini pertama kali tahun 2004 diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Falah Bandung Jawa Barat. MQK II Tahun 2006 diselenggarakan di pondok pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur, dan pelaksanaannya berjalan dengan baik. Sedangkan MQK III Tahun 2008 diselenggarakan di pondok pesantren Al Falah Banjar Baru, Banjar Masin Kalimantan Selatan. Kali ini kegiatan itu berubah namanya menjadi Musabaqah Fahmi Kutubit Turats yang diselenggarakan di pondok pesantren Darunnahdlatain NW Pancor.

Kitab yang dimusabaqahkan jelas Fuad antara lain Marhalah Ula (Fiqh : sulamut taufiq, Nahwu: Al-Ajrumiyah, Akhlaq: Ta’limul Muta’alim, Tarikh: Khulasah Nurul Yaqin); Marhalah Wustha (Tafsir: Tafsirul Jalalain, Fiqh: Fathul Qarib, Hadits: Subulus Salam, Nahwu: Imriti, Akhlak: Kifayatul Atqiya, Ushul Fiqh: Al Waraqat, Tarikh: Ar Rabiqul Makhtum, Balaghah: Jauharul Maknun), dan Marhalah ‘Ulya (Tafsir: Ibnu Katsir, Hadits: Syarh Al Nawawi’ala Shahih Muslim, Fiqh: Fahtul Mu’in, Nahwu: Ibn ‘Aqil, Aklaq: Ihya’ Ulumud Din, ushul Fiqh: Ghayatul Wushul, Tarikh: Ibn Hisyam, dan Balaghah: Uqudul Juman).

Sedangkan untuk materi/substansi atau debat bahasa arab dan ingris jelas Fuad, akan mengacu kepada persoalan yang bersifat kontemporer, keterkaitannya dengan isu-isu keagamaan, politik, social dan budaya.

 



2 Komentar untuk - "MUFAKAT Nasional IV Dipusatkan di Ponpes Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor Lotim"

by : masnan (31 Jul 2011 01:50:29 WIB)
sukses ntb BUMI ALLAH

by : masnan (31 Jul 2011 01:49:00 WIB)
sukses ntb



Silahkan tulis komentar Anda pada form berikut :

  Nama Anda
  Alamat e-Mail
  Website
  Komentar
 

Tuliskan Kode Diatas
 

 
 
 

 
Kegiatan Lain Gubernur NTB
Rekonstruksi Sistem Kesehatan Nasional
GUBERNUR NTB LUNCURKAN KARTU TERNAK SE-PULAU LOMBOK
OJK Komunikasikan Bank NTB dan BPR
Membangun Daerah Memerlukan Manusia Yang Sehat
Pengisian Awal Waduk Bendungan Pandanduri

Berita lain


 
Kegiatan Wakil Gubernur NTB
DJSN Evaluasi Program Jaminan Kesehatan
Tingkatkan Koordinasi dan Sinergitas Penyelenggaraan Penyuluhan
Keberadaan BPR Dorong Pertumbuhan PAD
Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Perencana
Tiga Maskapai Siap Ekselerasi

Berita lain


SMS dari 62853********
ass...ini dri bima kec. sape...mhon ptunjuk bpk gubernur kt udah bbrpa kali msukan propsl utk mendptkan bantuan bbt sapi,nmun smpai...

Jawaban Gubernur NTB

Proporsal diajukan ke disnak kab kemudian di CP/CL dan hasil CP/CL akan di kirim ke...

Lihat Jawaban  










 

Hubungi Pemprop NTB

Dikpora NTB
Dishubkominfo NTB
Disnakkeswan NTB
Dispenda NTB
Dinas Pekerjaan Umum NTB
Dinas Perkebunan NTB
Dinas Pertambangan & Energi NTB
Dinas Kebudayaan & Parawisata NTB
Dinas Kehutanan NTB
Dinas Koperasi NTB
Dinas Kesehatan NTB
Dinas Kelautan dan Perikanan NTB
Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi NTB
BP3ED Disperindag NTB
Rumah Sakit Jiwa NTB
Badan Ketahanan Pangan NTB
Badan Koordinasi Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu NTB
Badan Perpustakaan & Arsip NTB
Badan Pemberdayaan Perempuan
Badan Perencanaan Pembangunan
Biro AP & ULPBJP NTB
Biro Keuangan NTB
Biro KSDA NTB
Komisi Informasi NTB
*** Direktori Online NTB ***


 

Kabupaten & Kota

Kota Mataram

Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Sumbawa Barat
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Dompu
Kabupaten Bima
Kota Bima
 

Link Terkait

PPID Provinsi NTB
Portal Republik Indonesia
Harian Antara Mataram
Harian Suara NTB

 

NTBPROV.GO.ID adalah Website Resmi Provinsi NTB@2014 - Humas NTB & Santel PDE Biro Umum