Diposting : 12 Nop 2010 04:57:08 WIB | 5252 Pembaca, 7 Komentar

BERITA INSTANSI - SKPD
BKD Tunggu Pengaduan Masyarakat Terkait Penerimaan CPNSD
     
Oleh : AntaraMataram.Com  

Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat menunggu pengaduan masyarakat terkait seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah tahun anggaran 2010 untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

"Kami tunggu pengaduannya, kalau ada bukti kuat pasti ditindaklanjuti," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H.M. Zaini, kepada wartawan di Mataram, Kamis.
Zaini mengemukakan hal itu ketika wartawan mempertanyakan jaminan pemerintah terhadap proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) yang transparan dan bebas dari praktik kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

Hingga kini, kata dia, masyarakat luas berasumsi bahwa penerimaan CPNSD di wilayah NTB selalu diwarnai praktik kolusi dan nepotisme serta tindakan gratifikasi sehingga banyak peminat CPNSD yang pesimistis sebelum "bertarung" dalam proses seleksi.

Bahkan kalangan tertentu berasumsi 75 persen dari kuota CPNSD NTB itu merupakan jatah penerimaan yang diwarnai KKN atau hanya 25 persen yang bisa lulus murni karena kualitas individu pelamar.
Menurut Zaini, panitia penerimaan CPNSD NTB telah bertekad untuk melaksanakan tugas secara transparan agar hasilnya akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Khusus seleksi penerimaan CPNSD Pemprov NTB, panitia melibatkan aparat kepolisian dari Polda NTB beserta jajarannya dan pengawas pemerintah daerah sejak tahapan penyusunan soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Ia mencontohkan seleksi CPNSD untuk Pemprov NTB, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Sumbawa dan Kota Bima, yang menggunakan jasa Universitas Mataram (Unram) untuk menyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Untuk seleksi CPNSD Kabupaten Bima menggunakan jasa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kabupaten Lombok Utara dan Sumbawa Barat mengunakan Universitas Indonesia (UI) dan Kabupaten Lombok Barat melibatkan Universitas Brawijaya Malang sebagai penyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Sementara seleksi CPNSD untuk Kabupaten Lombok Timur dan Dompu belum ditetapkan lembaga penyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes, namun dikabarkan akan menggunakan salah satu dari empat perguruan tinggi itu. 

"Khusus di Unram, polisi akan menjaga gedung yang akan dijadikan pusat penyusunan soal hingga penentuan peringkat hasil tes di kampus Unram. Akan ada garis polisi yang mengitari gedung itu, dan hanya lima orang petugas pemindai data yang boleh masuk ruangan soal dan hasil tes," ujarnya.
Zaini mengatakan, jika ada pihak yang menemukan bukti KKN dalam penerimaan CPNSD  diharapkan segera melaporkannya kepada petugas di BKD NTB, dan dijamin akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

BKD NTB juga telah menyiapkan sejumlah sanksi terhadap pihak-pihak yang terlibat tindakan tidak terpuji dalam proses penerimaan CPNSD. "Bahkan, CPNSD yang terbukti KKN hingga lulus dapat dibatalkan kelulusannya jika ada bukti kuat.

Silakan lapor kepada kami disertai bukti-bukti pendukung," ujarnya. Seleksi CPNSD di wilayah NTB yang akan dilaksanakan secara serentak akan diawali dengan pengumuman rincian formasi yang ditetapkan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sesuai usulan daerah, yang dijadwalkan 15 November 2010.

Rincian formasi itu berupa kuota sesuai usulan daerah tentang kebutuhan CPNSD yang berisi rincian peluang jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya. Pendaftaran peserta seleksi CPNSD 2010 itu mulai 16-30 November 2010, melalui kantor PT Pos Indonesia di masing-masing daerah.
Sementara jadwal ujian tertulis atau tes akademik juga akan digelar secara serentak yakni pada 12 Desember 2010 atau setelah seminggu panitia melakukan seleksi administrasi, dan yang berhak mengikuti ujian tertulis hanya pendaftar yang lulus tahapan tersebut.

Data BKD NTB menyebutkan kuota CPNSD tahun 2010 yang dijatahkan Kemeneg PAN untuk NTB sebanyak 2.158 orang, semuanya untuk pelamar umum. Rinciannya, sebanyak 926 orang untuk formasi guru, 676 orang formasi tenaga kesehatan dan 556 orang formasi tenaga teknis. Dari kuota 2.158 orang formasi CPNSD NTB itu, sebanyak 264 orang  untuk Pemerintah Provinsi NTB, 126 orang Pemerintah Kota Mataram, 192 orang untuk Lombok Barat, 192 orang  Lombok Tengah dan 190 orang untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat kuota CPNSD sebanyak 195 orang, Kabupaten Sumbawa Barat 286 orang, Dompu 100 orang, Bima 190 orang, Kota Bima 194 orang dan Kabupaten Lombok Utara sebanyak 229 orang. Dari kuota itu masih harus dirinci formasinya sesuai usulan daerah tentang kebutuhan CPNSD sesuai jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya. (*)



7 Komentar untuk - "BKD Tunggu Pengaduan Masyarakat Terkait Penerimaan CPNSD"

by : Wisata Bali (17 Des 2010 11:49:33 WIB)
Memang perlu diawasi yang beginian

by : suprapto (27 Nop 2010 12:44:24 WIB)
sebenarnya pengumuman seleksi administrasi harus lengkap lulus maupun tidak lulus harus di ditempelkan ato di cantumkan biar orang tau pa lamarannya nyampe pa tidak di tempat tujuan

by : om Sari (26 Nop 2010 05:57:55 WIB)
perubahan alamat email bkd untuk pengiriman file lamaran, harusnya disosialisasikan, karna dengan adanya perubahan dari yahoo.com ke yahoo.co.id, cukup memberikan pengaruh atas keberhasilan pengiriman email

by : cok istri apsari (25 Nop 2010 10:17:55 WIB)
sy mencoba ikut cpnsd dr jalur umum, kebetulan sy tinggal di bali, sy juga sdh mengirimkan email ke BKD. kapan pengumuman seleksi administrasinya?

by : gunawan (23 Nop 2010 12:57:04 WIB)
Email BKD berubah dari (bidangdata.bkdntb@yahoo.com) menjadi (bidangdata.bkdntb@yahoo.co.id) memang harus sering updet ke bkd prov

by : Arif Rahman (21 Nop 2010 14:20:02 WIB)
Ass...Wr.wb. Mohon dikeluarkan formasi CPNS Kota Mataram untuk jurusan Diploma III Fisioterapi. Terimakasih atas perhatiannya. Wass..wr.wb.

by : Patuk (16 Nop 2010 18:10:05 WIB)
Coba cek email BKD ( bidangdata.bkdntb@yahoo.com), saya berkali kali mengirim email lamaran tgl 16 nov 2010 gak bisa masuk, alias email anda tidak terdaftar di yahoo. Bagaimana ini bisa terjadi??? padahal itu diwajibkan bagi pelamar utk mengirim email lamaran ke alamat tersebut.



Silahkan tulis komentar Anda pada form berikut :

  Nama Anda
  Alamat e-Mail
  Website
  Komentar
 

Tuliskan Kode Diatas
 

 

BERITA INSTANSI LAINNYA
20 Okt 2014 10:52:27 WIB - 14 pembaca, 0 komentar
Dijadikan Model, LPSE NTB terus Berbenah
Pengelolaan LPSE NTB mulai tahun 2014 ini  dijadikan pilot project modernisasi pengadaan pemerintah  bersama 8 provinsi lainnya...
 
16 Okt 2014 15:06:15 WIB - 50 pembaca, 0 komentar
SUNATAN MASSAL
Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah, Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) dan Dharma Wanita Persatuan Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar sunatan massal di...
 
15 Okt 2014 15:38:39 WIB - 99 pembaca, 0 komentar
ERICA: “PEREMPUAN NTB HARUS BEBAS KANKER RAHIM”
etua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi, dalam sosialisasi Program Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar di Pendopo Gubernur (15/10) menghimbau kepada seluruh peserta yang...
 
08 Okt 2014 20:59:46 WIB - 115 pembaca, 1 komentar
Study Banding Bumi Sejuta Sapi Pemprov. Kalbar Di NTB
Rombongan dari Biro Organisasi Pemprov Kalimantan Barat sejumlah 12 orang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rombongan Pemprov Kalbar ini diterima langsung oleh Asisten...
 
08 Okt 2014 08:51:05 WIB - 87 pembaca, 0 komentar
Pemprov Jateng Belajar Reformasi Birokrasi Ke NTB
Biro Organisasi dan Kepegawaian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diterima...
 
Arsip Berita Lainnya  


SMS dari 62812*******
Tayangan film percintaan anak anak sekolah berseragam sekolah kayaknya tdk mendidik malah akan ditiru dan akan berdampak buruk kpd kwalitas...

Jawaban Gubernur NTB

Terima kasih, jika ada keluhan atas tayangan TV dan media lainnya yang dapat berdampak negatif...

Lihat Jawaban  










 

Hubungi Pemprop NTB

Dikpora NTB
Dishubkominfo NTB
Disnakkeswan NTB
Dispenda NTB
Dinas Pekerjaan Umum NTB
Dinas Perkebunan NTB
Dinas Pertambangan & Energi NTB
Dinas Kebudayaan & Parawisata NTB
Dinas Kehutanan NTB
Dinas Koperasi NTB
Dinas Kesehatan NTB
Dinas Kelautan dan Perikanan NTB
Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi NTB
BP3ED Disperindag NTB
Rumah Sakit Jiwa NTB
Badan Ketahanan Pangan NTB
Badan Koordinasi Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu NTB
Badan Perpustakaan & Arsip NTB
Badan Pemberdayaan Perempuan
Badan Perencanaan Pembangunan
Biro AP & ULPBJP NTB
Biro Keuangan NTB
Biro KSDA NTB
Komisi Informasi NTB
*** Direktori Online NTB ***


 

Kabupaten & Kota

Kota Mataram

Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Sumbawa Barat
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Dompu
Kabupaten Bima
Kota Bima
 

Link Terkait

PPID Provinsi NTB
Portal Republik Indonesia
Harian Antara Mataram
Harian Suara NTB

 

NTBPROV.GO.ID adalah Website Resmi Provinsi NTB@2014 - Humas NTB & Santel PDE Biro Umum