Diposting : 18 Apr 2012 08:09:58 WIB | 263 Pembaca, 0 Komentar

BERITA MEDIA - PEMDA NTB
NTB Tempuh Beragam Kebijakan Menuju Bebas Korupsi
     
Oleh : antaramataram.com  

Rabu, 18/04/2012

Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menempuh berbagai kebijakan menuju predikat daerah bebas korupsi sebagaimana dicanangkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
     "Terkait gerakan nasional menuju wilayah bebas korupsi, di jajaran pemerintah daerah, berbagai kebijakan ditempuh, agar mencapai hasil yang diharapkan," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi, di Mataram, Selasa, ketika mengomentari gerakan nasional pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.
     Pertengahan April lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) mencanangkan gerakan nasional pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di lingkungan kementerian, lembaga pemerintah dan pemerintah daerah.
     Pencanangan kampanye Zona Bebas Korupsi itu, disaksikan oleh pimpinan KPK, Busyro Muqoddas dan dihadiri oleh 160 pimpinan dari kementerian, lembaga dan Pemda.
     Program Zona Bebas Korupsi itu, merupakan salah satu amanat dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, dan amanat Inpres Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.
     Menurut Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar, pemberantasan korupsi harus dimulai dari diri sendiri mulai dari yang termudah dan mulai dari sekarang.
     Pelaksanaan zona bebas korupsi di instasi pemerintah diwujudkan dengan sejumlah cara, seperti menciptakan empat sistem elektronik e-office, e-planning, e-budgetting, e-procurement. Empat sistem itu dinilai cukup ampuh untuk meminimalisir tindak pidana korupsi di Indonesia.
     Untuk mencapai zona integritas itu akan ada tim penilai independen bertugas memeriksa instansi pemerintah, apakah sudah mencapai standar yang ditentukan. Tim independen itu beranggotakan pejabat dari Kemen PAN dan RB, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri.
     Terkait hal itu, Zainul mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya membenahi beragam kebijakan yang mengarah kepada kondisi bebas korupsi.
     Pembenahan tersebut antara lain, peningkatan fungsi inspektorat, layanan pengaduan masyarakat melalui SMS Center, dan dialog publik yang terus ditingkatkan.
     "Harapannya masyarakat lebih mengawasi pelaksanaan pemerintahan daerah dan secara bersama-sama menciptakan kondisi menuju daerah bebas korupsi," ujarnya. (*)



0 Komentar untuk - "NTB Tempuh Beragam Kebijakan Menuju Bebas Korupsi"



Silahkan tulis komentar Anda pada form berikut :

  Nama Anda
  Alamat e-Mail
  Website
  Komentar
 

Tuliskan Kode Diatas
 

 

BERITA MEDIA LAINNYA
03 Apr 2014 08:32:16 WIB - 83 pembaca, 0 komentar
Gubernur NTB sampaikan target kinerja pembangunan 2015
Kamis, 03/04/2014 Mataram  - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi menyampaikan target kinerja daerah pada sektor strategis dalam perencanaan pembangunan di 2015, pada momentum...
 
11 Mar 2014 09:42:40 WIB - 161 pembaca, 0 komentar
Tuan di Negeri Sunda Kecil
Selasa, 11/3/2014 Berada dalam kesatuan gugus Kepulauan Sunda Kecil, Nusa Tenggara Barat menampilkan corak kehidupan sosial dan politik yang berbeda. Wilayah yang ada di bali dan Nusa...
 
11 Mar 2014 08:51:17 WIB - 139 pembaca, 0 komentar
NTB berharap Presiden hadiri panen raya jagung
Selasa, 11/3/2014 Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat menghadiri panen raya jagung yang diagendakan akhir Maret 2014, di area...
 
20 Feb 2014 09:32:33 WIB - 151 pembaca, 0 komentar
Wakil Bupati Bima dilantik jadi bupati
Kamis, 20/2/2014 Wakil Bupati Bima H Syafrudin H M Nur dilantik menjadi Bupati Bima guna mengisi jabatan bupati yang lowong semenjak Bupati Ferry Zulkarnaen ST meninggal dunia...
 
05 Feb 2014 09:57:07 WIB - 144 pembaca, 0 komentar
Isteri Berperan Cegah Korupsi
Rabu, 2/5/2014 GUBERNUR NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, peran seorang isteri dalam keluarga sangat penting untuk mencegah suaminya untuk tidak melakukan tindakan korupsi. Seorang isteri...
 
Arsip Berita Lainnya  


SMS dari 62818********
Ass.Wr.Wb.kmi wrg lingkungn Gegutu Barat&Timur sdh brsha mngingatkn anak2 yg blapan liar d Jln Jendral Sudirman(Rembiga ~Sayang2)sngat mngganggu wrga& pjlan...

Jawaban Gubernur NTB

Informasinya akan dilanjutkan dirlantas polda utk diambil tindakan, trims

...
Lihat Jawaban  










 

Hubungi Pemprop NTB

Dikpora NTB
Dishubkominfo NTB
Disnakkeswan NTB
Dispenda NTB
Dinas Pekerjaan Umum NTB
Dinas Perkebunan NTB
Dinas Kebudayaan & Parawisata NTB
Dinas Kehutanan NTB
Dinas Koperasi NTB
Dinas Kesehatan NTB
Dinas Kelautan dan Perikanan NTB
Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi NTB
BP3ED Disperindag NTB
Rumah Sakit Jiwa NTB
Badan Ketahanan Pangan NTB
Badan Perpustakaan & Arsip NTB
Badan Pemberdayaan Perempuan
Badan Perencanaan Pembangunan
Biro AP & ULPBJP NTB
Biro Keuangan NTB
Biro KSDA NTB
Komisi Informasi NTB
*** Direktori Online NTB ***


 

Kabupaten & Kota

Kota Mataram

Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Sumbawa Barat
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Dompu
Kabupaten Bima
Kota Bima
 

Link Terkait

PPID Provinsi NTB
Portal Republik Indonesia
Harian Antara Mataram
Harian Suara NTB

 

NTBPROV.GO.ID adalah Website Resmi Provinsi NTB@2013 - Humas NTB & Santel PDE Biro Umum