Diposting : 18 Apr 2012 08:09:58 WIB | 298 Pembaca, 0 Komentar

BERITA MEDIA - PEMDA NTB
NTB Tempuh Beragam Kebijakan Menuju Bebas Korupsi
     
Oleh : antaramataram.com  

Rabu, 18/04/2012

Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menempuh berbagai kebijakan menuju predikat daerah bebas korupsi sebagaimana dicanangkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
     "Terkait gerakan nasional menuju wilayah bebas korupsi, di jajaran pemerintah daerah, berbagai kebijakan ditempuh, agar mencapai hasil yang diharapkan," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi, di Mataram, Selasa, ketika mengomentari gerakan nasional pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.
     Pertengahan April lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) mencanangkan gerakan nasional pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di lingkungan kementerian, lembaga pemerintah dan pemerintah daerah.
     Pencanangan kampanye Zona Bebas Korupsi itu, disaksikan oleh pimpinan KPK, Busyro Muqoddas dan dihadiri oleh 160 pimpinan dari kementerian, lembaga dan Pemda.
     Program Zona Bebas Korupsi itu, merupakan salah satu amanat dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, dan amanat Inpres Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.
     Menurut Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar, pemberantasan korupsi harus dimulai dari diri sendiri mulai dari yang termudah dan mulai dari sekarang.
     Pelaksanaan zona bebas korupsi di instasi pemerintah diwujudkan dengan sejumlah cara, seperti menciptakan empat sistem elektronik e-office, e-planning, e-budgetting, e-procurement. Empat sistem itu dinilai cukup ampuh untuk meminimalisir tindak pidana korupsi di Indonesia.
     Untuk mencapai zona integritas itu akan ada tim penilai independen bertugas memeriksa instansi pemerintah, apakah sudah mencapai standar yang ditentukan. Tim independen itu beranggotakan pejabat dari Kemen PAN dan RB, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri.
     Terkait hal itu, Zainul mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB terus berupaya membenahi beragam kebijakan yang mengarah kepada kondisi bebas korupsi.
     Pembenahan tersebut antara lain, peningkatan fungsi inspektorat, layanan pengaduan masyarakat melalui SMS Center, dan dialog publik yang terus ditingkatkan.
     "Harapannya masyarakat lebih mengawasi pelaksanaan pemerintahan daerah dan secara bersama-sama menciptakan kondisi menuju daerah bebas korupsi," ujarnya. (*)



0 Komentar untuk - "NTB Tempuh Beragam Kebijakan Menuju Bebas Korupsi"



Silahkan tulis komentar Anda pada form berikut :

  Nama Anda
  Alamat e-Mail
  Website
  Komentar
 

Tuliskan Kode Diatas
 

 

BERITA MEDIA LAINNYA
07 Okt 2014 08:09:21 WIB - 112 pembaca, 0 komentar
Kata Moeldoko Soal TNI Sematkan Brevet ke Gubernur
Selasa, 07/10/2014 Panglima TNI Jenderal Moeldoko memasangkan baret hitam kepada Gubernur NTB, M Zainul Majdi, saat pembaretan dan penyematan brevet di Markas Komando Armatim, Surabaya,...
 
24 Sep 2014 09:30:25 WIB - 188 pembaca, 1 komentar
Gubernur NTB jadi Pembicara "IGIF" di Korsel
Rabu, 24 September 2014 Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zinuk Majdi menjadi pembicara dalam “international Green Island Forum” (IGIF) di Korea Selatan pada 23-26 September 2014. Asisten Bidang...
 
17 Sep 2014 14:21:51 WIB - 580 pembaca, 2 komentar
Hari Ini, Pendaftaran CPNS Serentak di NTB
Rabu, 17 September 2014 Mataram  (Suara NTB) - Rabu (17/9)  ini, Pemprov NTB bersama pemerintah kabupaten/kota se-NTB mulai membuka pendaftaran  penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebelumnya,...
 
16 Sep 2014 09:45:46 WIB - 112 pembaca, 0 komentar
52 Persen Terealisasi
Selasa, 16 September 2014 GUBERNUR NTB, Dr. TGH M Zainul Majdi menyatakan selama tiga tahun pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di kawasan koridor...
 
11 Sep 2014 15:13:11 WIB - 87 pembaca, 0 komentar
Gubernur NTB Resmikan Pusat ITE Daerah
Kamis, 11 September 2014 Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Majdi meresmikan pusat data dan informasi daerah atau balai layanan informasi teknologi edukasi (Bale ITE) di Jalan...
 
Arsip Berita Lainnya  


SMS dari 62878********
AsswrwbPak Gubernur yang tiank hormati Di Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah ada oknum tenaga honor tahun 2006 yang melakukan pemalsuan...

Jawaban Gubernur NTB

Silahkan saudara laporkan ini pada BKD dan Inspektorat ,masing-masing daerah atau saudara dapat langsung ke...

Lihat Jawaban  










 

Hubungi Pemprop NTB

Dikpora NTB
Dishubkominfo NTB
Disnakkeswan NTB
Dispenda NTB
Dinas Pekerjaan Umum NTB
Dinas Perkebunan NTB
Dinas Pertambangan & Energi NTB
Dinas Kebudayaan & Parawisata NTB
Dinas Kehutanan NTB
Dinas Koperasi NTB
Dinas Kesehatan NTB
Dinas Kelautan dan Perikanan NTB
Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi NTB
BP3ED Disperindag NTB
Rumah Sakit Jiwa NTB
Badan Ketahanan Pangan NTB
Badan Koordinasi Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu NTB
Badan Perpustakaan & Arsip NTB
Badan Pemberdayaan Perempuan
Badan Perencanaan Pembangunan
Biro AP & ULPBJP NTB
Biro Keuangan NTB
Biro KSDA NTB
Komisi Informasi NTB
*** Direktori Online NTB ***


 

Kabupaten & Kota

Kota Mataram

Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Sumbawa Barat
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Dompu
Kabupaten Bima
Kota Bima
 

Link Terkait

PPID Provinsi NTB
Portal Republik Indonesia
Harian Antara Mataram
Harian Suara NTB

 

NTBPROV.GO.ID adalah Website Resmi Provinsi NTB@2014 - Humas NTB & Santel PDE Biro Umum